Saturday, October 30, 2010

What's Wrong with Yogyakarta

Beberapa hari ini, seperti yang teman2 lihat di tivi. Indonesia sedang dilanda bencana tiada akhir, dr tsunami P. Mentawai, banjirnya kota metropolitan Jakarta sampai erupsi Gunung Merapi. Iya, Merapi Mt. yang sangat dekat dengan tempat sekarang gw berada. Iseng pagi2 buka Kaskus.us gw menemukan beberapa foto yang menarik tentang keadaan desa2 yang jaraknya hanya beberapa kilometer saja dari Merapi Mt. sbb:

full of 'salju'

evakuasi korban

Dan, taukah anda teman, tadi pagi sekitar jam 1 pagi. Kota Yogyakarta dilanda hujan abu hingga pagi harinya. Siang hari hujan abu masih rintik2 juga. Membuat kota ini mendadak mirip kota2 di Timur Tengah ato Arab sana. Hohohohohoh... Ada apakah dengan Jogja??? Kenapa jadi begini??? Saya juga bingung..

putih-putih kelabu ali baba

perempatan jalan kaliurang, mantabbhh !!!!

Thanks buat teman Kaskus dan Mas Bondan yang telah meminjamkan gambarnya untuk dipajang di blog saia..
:)))
Berdoa saja semoga semuanya baik2 saja.
Wish us luck!

Thursday, October 28, 2010

Statistic for Psychology

Hey ! Dosen gw yang bernama Agung Santoso, MA. Dambaan para remaja putri kampus dan ibu-ibu kantin (gatao dink ahahhaha) akhirnya mengeluarkan buku !!!
Bukunya ini mengenai … (jangan pusing dulu…)
Statistik Psikologi..
OMG bahasan apa iniiiii..

woooooo.. keyenn..

Ehehhehee..
Buku ini merupakan kumpulan tulisan2 Pa Agung ttg statistik di blognya:
www. psikologistatistik.blogspot.com
melihat sekilas di toko buku, gw liat lumayan bagus. Menyenangkan membacanya, tata bahasa yang dipakai tidak rumit dan cukup friendly.
Yang gw suka juga, ada bagian tanya jawab nya juga. Jadi di sini, ada pertanyaan2 yang sering ditanyakan mahasiswa, lalu dijawab langsung oleh Pa Agung wo-o-o-o-o-o..
Keyennya..
Ayo makanya beli2.. Jangan sampai kehabisan hehehehhehe..
Jangan potokopi ya, STOP PIRACY!!!! STOP PLAGIARISM!!

Pa, bikin majalah statistik ajah sekalian hohoohohhoho..
Mantepp tu..
:D

Kesal Dengan Para Pengajar Itu

Hmmm.. Sebenarnya gw agak takut juga mem-post cerita ini dalam blog. Ahahahaha.. Takut dosen-dosen gw baca. Tapi stelah dipikir2 mungkin ada baiknya juga gw publish cerita ini ke khalayak umum. Mungkin bisa jadi pertimbangan dan juga refleksi.

Ceritanya 2 minggu ini ada beberapa dosen yang menurut gw ”ngga banget” sekesel2nya gw sama dosen, mungkin ini yang terparah selama 2 tahun ini. gw gtw napa, mungkin terbawa suasana hati akibat dari banyak tugas juga kali ya, jadi emosi bisa2nya saja tiba2 naik.
Langsung saja cerita tentang dosen pertama, dosen A.

Dosen A ini dosen yang baik, selama gw ikut kelas dy gw ga pernah dapet nilai C. Beneran de. Teman2 juga bilang dosen A baek banget, ramah, tidak sombong, suka menabung (ga tao denkk ahahhaha..). Imagenya selama ini positif. Sampai akhirnya 2 minggu yang lalu, dia mengadakan ujian sisipan. Fyi, si Dosen A ini mengajar 3 kelas dengan mata kuliah yang sama dan 3 kelas tersebut berada pada hari yang berbeda, jadi sebelum kelas gw ujian, kelas satunya lagi sudah ujian. Karena tipe soal ujiannya itu mudah diperiksa (3 jenis : menjodohkan, pilihan ganda & benar-salah), maka, pemeriksaan pun langsung dilakukan stelah ujian dengan pengoreksi ya mahasiswanya sendiri (lembar jawab diacak). gw gtw si Dosen A ini sudah memperkirakan sbelumnya atau tidak, kalau soal dan jawabannya bisa tersebar ke kelas lain. Nyatanya, dy memberikan soal yang SAMA di kelas gw keesokkan harinya, dan beberapa teman sudah mengetahui jawabannya malah. Yang menambah parah (dan sakit hati tentunya) tipe soal benar-salah ternyata memakai pola yaitu yang ganjil salah, yang genap benar. Wahhh.. Anak mana yang tidak hapal jawaban seperti ini. Huahauahauahua.. Alhasil banyak yang dapat bagus.. Sebagai anak yang lumayan usaha untuk belajar, gw ngerasa diboongin, dicurangin dengan sikap Dosen A yang seperti itu. Kalo tau gini, kenapa gw harus cape2 belajar, kalau jawabannya ternyata yang ganjil salah, yang genap benar, kalo seperti itu ya nenek2 juga bisa jawab!

Lain Dosen A lain Dosen B. Kasus si Dosen B ini mengenai presentasi. Ceritanya, hari itu, gw presentasi. gw merasa feeling tidak enak, karena tiap ada kelompok yang presentasi tanggapan teman2 lain memang tidak aktif & cenderung nyuekin. Ada yang tidur lha, ga dengerin malah mainan laptop. Njok kalo gitu kenapa ga masuk kuliah aja coba sekalian. Hahhahaha.. Nah, pas gw presentasi bener ajah, reaksi teman2 sama seperti yang sudah2. CUEK BEBEK ! Ngobrol sendiri. Di sini yang gw kesalkan, kenapa coba Dosen B, malah diam saja, tapi tidak membantu kelompok presentasi mengarahkan teman2 untuk fokus. Yang bikin illfeel nya lagi, saya melihat si Dosen B menguap huhuuhuhuh.. Apa iya ya presentasi kelompok gw ni tidak berisi sehingga bikin ngantuk orang.

Selanjutnya, adalah Dosen C. Si Dosen C ini mengajar mata kuliah yang lumayan penting bisa dibilang. Karena ini ialah mata kuliah praktikum. Tapi yang tidak bisa gw toleransi ialah cara dia mengajar. Antara bercanda dan serius, lebih banyak bercandanya. Memang, di satu sisi saya juga senang koq punya dosen yang doyan ketawa HAHA HIHI.. Tapi kan bukan berarti, tiap kuliah bercandaan terus yaaa.. Sampe2 gw jg gabisa bedain antara yang bercandaan sama yang bukan, bingung. Kayak ga dapet apa2 di kuliah fiuhhhh..

Yap, itulah tiga dosen yang agak mengecewakan gw 2 minggu ini. gw gtw si harus bagaimana. Karena kalau dipikir2 ya tidak bisa juga mencari orang yang sangat ideal dengan kriteria orang yang kita mau. Dosen-dosen juga manusia, yang punya kelebihan dan kekurangan. Yang punya kepribadian-kepribadian tertentu layaknya mahasiswa. Hmmm.. Ketika gw menceritakan hal ini kepada salah satu dosen lain, dia hanya bilang ”... bagaimanapun juga mereka itu ya orang baik ...” kalimat ini agak menyikut gw sebage seorang mahasiswa yang lagi panas2nya memprotes dosennya. Hahahhahaha.. gw merasa, iya si mereka orang baik, buktinya mereka mau ngajarin kita2. Kalo tidak karena baik, lalu apa coba ya. :p

Yaaaaa.. Kadang gw masih ga terima kalau mengingat cerita2 menyebalkan itu. Hahahhaa.. Tapi stelah menulis blog ini & mengobrol dengan beberapa teman2 yang gw percayai, ya gw mendapat perspektif baru. Dan.. Seperti yang dibilang di buku David Niven, Ph.D ”The 100 Simple Secret of Happy People”
Jika anda tidak yakin, buatlah dugaan secara positif
Karena menurut penelitian Brebner tahun 1995 orang bahagia dan orang yang tidak bahagia menginterpretasikan dunia dengan cara yang berbeda. Orang yang bahagia itu memandang positif 8 dari 10 kejadian yang ia alami.
Dan saya????
Mau jadi orang yang bahagia itu..
Oke.. Dosen itu manusia, yang bisa khilaf dan jatuh dalam dosa. That’s it. :)

regards
puji wijaya, mahasiswa yang ’ingin’ bahagia

Thursday, October 21, 2010

Good Bye K500i

Greetings from me!!!
Hayyayayyaaa..
Teman, ada kabar (entah baik atau buruk). Handphone kesayangan gw, si K500i akhirnya dibebastugaskan.. Ohohohohoho.. sedih rasanya mengingat saat2 bahagia bersama selama 5 tahun.. Hixx.. Hixxx...

Sekilas sejarah mengenai si K500i ini.. Ohhohohoho.. gw beli henpon ini pas lulus dari kelas 3 SMP, hape gw sebelumnya ialah Sony Ericsson Z200i, handphone flip manis, yang kalo diliat dari jauh kayak kotak bedak (beneran de.. ahahhah..) hape ini dibeliin oleh nenek gw.. Tapi tak disangka2 ada kejadian tidak mengenakan.. si Z200i ini hilang dicuri orang di toko buku anak gaul se-Indonesia (Gra*edia) sampe sekarang gara2 kejadian ini nyokap gw selalu parno kalo ke lokasi kejadian, pasti dia mengingatkan anak2nya untuk:
"simpen hape kamu di tas Mama" ahhahahaha.. kocak juga..

Nah, gara2 itu, gw mau tidak mau membeli hape baru. Dannnn.. pilihan saya jatuh kepada.. K500i. Pertama kali liat gw suka karena canggih, sebenernya gw lebih suka hape flip daripada hape bentuk candy bar kayak gini, tapi gara2 waktu itu lagi jaman2nya hape berkamera ohoohohhoho.. sebage anak remaja labil yang nyebelin, gw merengek ke nyokap gw untuk beli si K500i. Yang gw inget waktu itu nyokap gw agak keberatan membelikan gw hape ini, karena harga 1,5juta pada tahun 2005 itu ya harga yang lumayan 'ehem' ehehhehehehe..

Si K500i membawa banyak kenangan... Ahahaha.. Dari cerita SMSan sm gebetan2 gw (emang punya ya??? wkwkwkwk), hampir ditipu orang, telepon terror ketika SMA, pertama kali buka web di hape, de el el. K500i juga handphone yang menemani gw di mana pun gw berada, aahahahaha.. sampe gw bawa ke Korea kemaren itu, walopun gabisa buat ngapa2in tapi K500i tetap bisa jadi penunjuk waktu yang baik hiksss.. hikssss.. sekarang dia pasti senang beristirahat di kos gw.

Sebenarnya niatan gw mengganti hape ini sudah lama, sekitar 1 tahun yang lalu, waktu itu si K500i baterenya udah drop, gw dipinjemin hape adek gw trus stelah beli batere baru, K500i jalan lagi, sampai sekarang juga sebenernya masih baik2 ajah & bs digunain. Memang lampunya udah kicep2 agak konslet gitu, tapi sebagai sebuah handphone, dia masih sangat berguna. Beneran.. Nyokap gw juga udah nyuruh gw ganti hape, secara kasian liat hape gw butut gw ga imbang kali ya dibandingin sama hape Adek gw si canggih SE C903i & hape Ka2k gw Blackberry Gemini. Ehehehehehe.. Lalu, pas gw nelpon rumah untuk kasitau keadaan kritis si K500i, nyokap gw ga ragu2 buat kasih uang buat beli hape baru. Horraaaayyyyy !!!

Dan... (inilah yang ditunggu-tunggu) Siapakah yang menggantikan K500i?????
jengggjengggjengggggg..
please welcome..

Sony Ericsson, SPIRO a.k.a W100i
eheheheheeh..
bagaimana menurutmu????
beberapa teman gw bilang, hape ini bagus dalam hal desain & bentuk. Kecil, handy. Mmg gw ga terlalu suka hape gede2 kayak hape tempe (QWERTY) wkwkkwkwkwkw.. Proses gw memilih hape ini dibilang singkat, nyokap gw kasih duit 1jeti, trus gw cari hape yang harganya segitu. Sony Ericsson emang pilihan tunggal gw, kenapa ya??? gw suka aj pake SonyEr. Apalagi pas tau SonyEr kampanye menyelamatkan bumi dengan Greenheart nya.. waaaaaaa.. Tidak salah saya memilih merk. eheheheheh.. Yap, hape SonyEr bagus yang harganya terjangkau emang si SPIRO ini.. :) diliat dari web2 henpon, SPIRO itu hp middle class. Sip. Pas banget. ahhahahaha.. Langsung searching dan akhirnya dapet. Dari fiturnya, walopun tidak terlalu canggih seperti push-up mail or dst, SPIRO ini cukup mumpuni koq, kameranya bagus terang walopun ga punya flash, lalu karena ini handphone walkman, jadi kualitas suara baik sekali, ada fitur radio juga hehehhehe horeeee.. lalu, bisa diupgrade dengan memori miniSD-Card. Intinya cocok untuk orang2 imut seperti saya. wkwkwwkkwkwkw..

Oke deh. sekian berita hari ini. Selamat menikmati memakai hape baru, Ji..

regards,
puji wijaya, pemilik hape yang baik xixixixixi

Friday, October 15, 2010

PBB Recent Team a.k.a PhD Family

Ini adalah semester terakhir gw bergabung di team penelitian ini (karena penelitiannya juga udah mau selese hahahahah..) akhirnya.. Banyak hal yang dilewati bersama Psychology Beyond Borders.. Kerja keras, persahabatan, keluarga, minat baru, pengalaman dan lain-lain. Sampai pada akhir projek, hanya ini yang bisa gw kasih sebagai kenang2an :
PBB USD Team Profile :

cekidot!!!

Siswa Widyatmoko
Dosen gw, pernah sekolah di India, ahli dalam bidang riset-meriset dan seorang psikolog klinis dambaan ibu-ibu. Bapa ini sering dapet grant (enak bgt..) & ngikut konferensi seksualitas. Hobi masak, panci favoritnya ialah panci presto, trus akrab banget sm kelinci-kelincinya yang lutu2 (dan menggoda untuk dimasak hahahahha..)


Haksi Mayawati
a.k.a Ibu Siswa, istri nya Pa Siswa, orangnya detil audzubilah, keren dalam mengorganisir sesuatu, cocok jadi pemimpin. Hobi nya tidak jauh beda dengan suaminya yaitu masak & ngerawat kelinci wkwkwkkwkw.. Suka banget sama kupu2 & concern dia di psikologi mengenai hubungan remaja dalam percintaan ohohohohho..


Berta Devi Aryani
Mahasiswi Magister profesi psikologi klinis UGM. Si Mami orangnya aktif banget, tiada hari tanpa kegiatan ohohohho.. Dibalik kesibukannya yang luar biasa, dia tetep bisa deket sm Kimi, anjingnya yang imut2 & ga bakal pernah tinggi, lalu dia juga doyan ngulek sambel, pantes tangannya gede ehehehhee.. Suka juga ketawa, sampe susah diberentiin. Salah satu sarjana terbaik yang dimiliki USD.

Elycia Widyastuti
Sedang menjalani tahun terakhirnya di USD. Skripsi adalah makanan sehari-harinya. Suka banget sama anak kecil sampe bela2in kerja part-time di salah satu TK di Jogja. Suka maem & hobi belanja, terutama belanja barang yang lucu-lucu. Cocok sekali menjadi ibu rumah tangga yang baik, ooooowwwww..


Astuti Kusumaningrum
Sarjana psikologi UGM, jago nyetir mobil, suka sama kucing. Waktu SD pernah sekolah di Amerika, trus sekarang sedang berjuang untuk kembali ke sana dengan mengikuti Fullbright Scholarship. Orangnya doyan ketawa (sama kayak si Mami), mikir kritis & cerita2 (ttg cinta woooowwww..). Ahahha.. Mukanya alim tapi genre musik favoritnya Underground bo!


Anita Puspita Sari
Cewe paling imut di tim ini. Mahasiswi psikologi USD 2008. Pembawaannya loli, lucu banget, sering polos sampe bikin orang bingung. Anaknya rajin & sibuk di kampus. Nita suka shopping2 & jalan-jalan. Mukanya sekilas mirip penyanyi, Afgan. Wkwkwkkwkwkw..




Corry Timmerman
Wonosari girl. Tough, aktif, cemerlang & ’dosen’ banget. Psi USD angkatan 2008. Corry suka warna ungu, hobinya ialah belajar. Iya betul belajar, wowowoowoww.. Sekarang sedang menjalani kehidupan barunya di Kuningan, Jawa Barat.



Yustinus Budiono
Budi itu soulmatenya Corry. Psi USD angkatan 2008. Orangnya kalem banget. Suka pusing kalo liat yang heboh2. Orang Sunda, ga bisa kasar2, jago nyambel terasi, calon Bapa yang baek & bertanggungjawab. Budi punya penyakit langganan yaitu diare ehehhehe.. Kalo ngomong suaranya lembut, hyaaaa..


Oktavia Zamharin
Anak keluarga Zamharin yang terkenal di Jogja, sodaranya banyak banget, dimana2. Via, nama panggilannya, sangat menyukai sastra & teater. Selain sibuk penelitian, ia juga mengajar teater di almamaternya yaitu SMAN 11 Yk, lalu sibuk menyusun skripsinya. Mba yang satu ini doyan makan, tau tempat makanan enak & gaul gitu de. Mukanya mirip kero-keropi.

Puji Wijaya
Mahasiswi Psi USD 2008. Kecemplung di psikologi karena desperado kalo udah gede mau jadi apa. Tapi akhirnya dia tertarik dengan positive psychology. Suka bikin komik dan karena pengaruh itu, dari jaman tikiplik sampe sekarang orang2 menyebut dia si mutun (muka kartun). Cita2nya banyak, orangnya cepet bosenan sih. Hobi nya tidur & gaul di internet.


Yap.. Itu dy.. Ahahhaha.. Let us be the one !
:D (yang botak = fotografer nya, thx to Mas Baka)

Hebohnya Beasiswa

Optimist: Person who travels on nothing from nowhere to happiness
~Mark Twain

Haloowwww teman-teman.. Selamat malam menjelang pagi ehehehhe.. Akhirnya bisa juga cari-cari waktu luang untuk memposting sesuatu untuk si blog. Hahahahha..
Hmmm..
Sejenak berpikir..
Apa ya.. oya, saya membicarakan hal yang sedang heboh saja sekarang.. Tentang Beasiswa..

Okeh. Sebagai anak semester lima nan imut dan bahagia. Wkwkwkkwkw.. gw hanyalah anak biasa, yang suka cari-cari berita, nah di semester inilah saya baru tahu, ternyata semester 5 ialah semester strategis untuk mencari beasiswa.
Whatttt??
Yap2, banyak dari beberapa lembaga beasiswa besar seperti Djarum, BCA Finance, Nutrifood, dkk memberikan beasiswa untuk mahasiswa2 semester lima ke atas. Ihhh wow! Ada apakah gerangan??? Keyenn bgt.. Ahahhahahaaa.. Itu sangat presticious teman.. Maka, banyak dari teman2 gw mencoba apply beasiswa, dan banyak yang dari mereka yang lolos & dapet beasiswa, ikut senang. (selamat Fepuhe, Verdgie, Pauline, Ella, Lia, Novi, Hermanto, Jono, dkk) wahhh rasanya ketika mendengar mereka dapat, gw excited sekali sekaligus geregetan. Geregetan pada diri sendiri, kenapa gw tidak rajin belajar sehingga gw bisa ikutan apply jg, setidaknya pny kesempatan yang sama gitu. Weekkekekekekkeke..

gw sangat bangga terhadap teman2 gw. Menurut gw mereka hebat banget bisa dapet beasiswa2 tersebut. Bersaing dengan banyak mahasiswa se-universitas, wow, itu pasti ga gampang. Poinnya di sini sebenarnya karena mau berusaha. Tetapi entah kenapa, suatu usaha itu selalu ada tantangannya. Teman2 gw yang masuk seleksi universitas, akhirnya maju ke tahap berikutnya yaitu psikotes & wawancara. Beberapa teman harus gugur karena gagal di psikotes. Teman lainnya masih berjuang ke tahap yang berikutnya. Hmmm.. Satu hal yang mengingatkan gw pada sesuatu:
Setiap orang punya rejekinya masing-masing. Maka, ketika gagal janganlah takut, karena pasti ada kesempatan lain yang sama baiknya dengan kesempatan lalu. Ganbatte teman2, selamat berjuang.
:)
Beasiswa --> target saya semester depan. Doakan saya !

regards
puji wijaya, scholarship hunter