Thursday, November 7, 2013

Throwback Birthday

Halohai! Selamat malam menjelang subuh. :) hehehehe.. Karena saya sudah tidak konsen menyentuh skripsi jadilah saya membuat posting. Posting ini bisa dibilang posting rapelan ulang tahun.. Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya suka posting ucapan selamat ulang tahun untuk beberapa orang terdekat, seperti keluarga dan Mr. TPLP. Tapi, sepertinya tahun ini saya suka kelupaan gitu, atau merasa lagi ribed ngurusin hal yang lain, jadilah saya membuat posting rapelan saja. Jadi sekalian hahahahaha..

Papa saya berulang tahun tanggal 29 September (sekitar sebulan yang lalu) dan Mama saya ultah tepat di hari ini (7 November). Usia Papa – Mama saya ya sudah matang – sudah masuk ke tahapan dewasa madya tetapi belum ke dewasa lanjut. Mereka terpaut usia 7 tahun, Mama saya 7 tahun lebih muda.

Orangtua saya bukan tipe yang suka menghapal tanggal-tanggal ulang tahun, atau tanggal penting keluarga lainnya (hmm.. kalo tanggal jatuh tempo utang-piutang sih mereka inget hahahah..). Terkadang mereka suka lupa sama ulang tahun satu sama lain. Dulu pernah kan, waktu saya jaman SMA gitu, Papa saya ultah, saya ngucapin, eh Mama saya terus nyeletuk ‘si Papa sekarang ulang tahun ya De..’ baru tau Papa ulang tahun setelah anak-anaknya ngucapin. Dan saya pernah juga mengalami hal yang sebaliknya, pas saya ngucapin ke Mama ternyata si Papa baru tau kalo hari itu ultah Mama. Dulu sih, saya bete gitu, karena saya kan pinginnya ada acara perayaan ulang tahun-an atau surprise party buat orangtua kayak temen-temen saya di sekolah atau seperti yang dilakukan sodara2 sepupu saya.

Begitu pun dengan tanggal ulang tahun kami, anak-anaknya. Mereka jaman dulu sering lupa. Inget kalo pas udah diingetin. Hahahaha.. Nah, ketika anak-anaknya sudah pada besar-besar. Kami lah yang cerewet mengingatkan soal tanggal ulang tahun, dimulai dari jaman Kakak saya kuliah, jadi sekarang Papa-Mama saya sudah lebih aware dengan hal ini. Sudah tidak kelupaan lagi. Saya senang karena menurut saya penting gitu lho mengingat hari ulang tahun orang terdekat dan teman-teman. Kenapa jadi penting?

Menurut saya, tanggal ulang tahun itu sesuatu yang sangat amat personal. Hal personal pertama yang kita miliki ketika kita ini dilahirkan di dunia, jauh sebelum kita punya hobi, punya harta, punya jabatan, bahkan sebelum kita punya personality. Lalu, dari fungsinya tanggal ulang tahun bukan hanya sebagai penanda umur aja tapi juga sebagai media merajut hubungan interpersonal. Inget kan jaman-jaman TK atau SD, ketika ulang tahun teman (atau kita sendiri) selalu dirayakan. Acara ini bukan cm sekedar acara selebrasi hore-hore, tapi juga momen dimana kita bisa share perhatian, kebahagiaan, dan intouch dengan orang-orang terdekat.

Waktu dulu pas saya SD, mengingat tanggal ulang tahun teman itu bagaikan aturan mutlak tidak tertulis di dunia pertemanan. Dan sampai sekarang, saya masih inget tanggal ulang tahun teman-teman SD saya. Ketika hari ulang tahun tiba, kami di kelas sebelum pulang pasti berdoa dan menyanyikan lagu ulang tahun. Dan seharian itu, teman yang ulang tahun adalah star of the day yang selalu disebut-sebut setiap pelajaran berganti ‘Pak, si X ulang taun’ ‘Bu, hari ini X ulang tahun lho Bu..’. Namun, memang semakin kemari makna hari ulang tahun ini rasanya semakin kurang bermakna. Mengucapkan selamat ulang tahun ya kalo inget aja. Dan jujur saya sudah tidak lagi mengingat tanggal ulang tahun teman-teman, saya suka bergantung pada reminder facebook. Lalu, makin bertambahnya umur, makin berbeda perasaan yang dirasakan ketika berulang tahun, kalo dulu saya selalu senang ‘this is my big day!’, hmmm.. sekarang saya berdoa supaya hari tidak semakin cepat menuju tanggal ulang tahun. Habisnya yaaaahh.. Saya cepat tua donk, umur saya tambah naik terus. Pas hari H dan diselametin oleh temen2, saya cuma nyengir kuda, huhuhu.. Udah gak imut-imut lagi.

Yap, akhir kata, selamat ulang tahun Mama & Papa ! Sukses terus, banyak rejeki, sehat selalu, akrab-akrab, dan makin kompak donk. Hehehehe..

best regards,
puji wijaya, si tengah

No comments: