Wednesday, October 17, 2012

Kisah Kepahlawanan

Sebuah Review Buku

Heroes. Pahlawan. Hmmm.. Ibu Kita Kartini, Cut Nyak Dien, Pattimura, Pangeran Diponegoro, siapa lagi yaaa.. Kira-kira nama-nama itu yang bisa saya katakan jika ditanya soal pahlawan.  Kalau ditanya lebih lanjut, pahlawan Indonesia di era demokrasi seperti sekarang? Saya pasti jawab, Gus Dur, Munir.. Berhenti untuk berpikir sebentar. Lalu, saya sadar, betapa sempitnya pengetahuan saya mengenai kepahlawanan. :( poor I am..

Pahlawan. Tema ini yang diangkat oleh buku Heroes yang ditulis oleh Andy F. Noya beserta tim. Buku ini merupakan lanjutan dari beberapa buku inspiratif karya Tim Kick Andy yang lain seperti 7 Heroes, Andy’s Corner dan Kick Andy. Seperti buku-buku lainnya, nafas inspiratif dan motivatif sangat terasa di buku ini. Inspirasi-inspirasi ini muncul dari ke-6 tokoh masyarakat yang diangkat profilnya. Aksi mereka berbeda-beda, mulai dari pelaku penghijauan sampai ke penggerak dunia fashion lokal. Namun, mereka punya sisi yang sama, yaitu sisi kepahlawanan, yang diartikan Tim Kick Andy sebagai orang-orang yang justru dengan keterbatasan mampu memberikan banyak hal positif bagi orang-orang di sekitarnya.


Buku ini menyadarkan saya akan makna kepahlawanan. Pada mulanya saya pikir, pahlawan itu orang-orang yang berani mati demi bangsanya, atau orang yang telah meninggal dan memberikan kontribusi demi bangsa-negara. Jadi, kalau pahlawan itu padanannya selalu sudah meninggal, punya kisah hidup heroik dan tak jauh-jauh dari dunia politik. Padahal sebenarnya pahlawan itu bisa bermakna lebih luas. Ternyata Pak Sidik yang semenjak lahir tidak memiliki kaki dan menjalankan usaha kripik singkongnya serta memberdayakan orang-orang cacat di sekitarnya pun layak disebut pahlawan. Haji Bambang yang tak pilih-pilih ketika menyelamatkan korban bom Bali, dokter Jose yang mengemban misi kemanusiaan di bidang kesehatan, Pak Saekan dengan rendah hati memperlakukan hutan tempat tinggalnya yang gundul sampai bisa hijau kembali, mereka juga pahlawan. Begitu juga dengan Mas Dinand yang mati-matian mengkonsep dan meyakinkan orang se-Jember bahwa acara Jember Fashion Carnival bukan acara hura-hura negatif, serta, Pak Ciptono yang mengangkat derajat anak-anak cacat mental dan mengabdikan hidupnya demi perkembangan mereka. They are the real hero. Tanpa kita sadari banyak lho orang-orang yang masih peduli dengan sesama tanpa menggembor-gemborkan apa yang telah mereka lakukan dengan berlebihan.

Seperti oase di tengah gurun, sebutan Andy F. Noya kepada 6 tokoh ini. Di tengah banyaknya elit-politik dan tokoh daerah yang minta diajukan menjadi pahlawan nasional, 6 tokoh ini muncul dan tanpa pamrih. Sekalipun pada akhirnya banyak apresiasi yang mereka dapatkan (termasuk muncul di buku ini dan meraih penghargaan), mereka tetaplah orang-orang ikhlas yang menjalani pekerjaan mereka sesuai dengan hati nurani.


Citation

Title : HEROES Para Pahlawan Pilihan Kick Andy
Writer : Tim Kick Andy & Arif Koes H.
Publisher : Penerbit Bentang
First Publishing : Juli 2011
Page : XXII + 206
Genre : Inspirational
Puji Wijaya Rating : ☺☺☺ from 5

No comments: