Fieldwork alias KKN

Horas!!!

Hmmm.. Ketika cari-cari judul yang pas untuk posting hari ini, saya baru nyadar kalo KKN tu ga ada padanannya dalam bahasa Inggris wkkwkwkwk.. Ada yang bilang Community Development Program, ada yang bilang fieldwork, ada juga yang bilang College-Work-Real (apaan coba, harafiah sekali terjemahannya..). Ahahhahahha.. Yasudhlah, saya pakai istilah fieldwork ajah, kayaknya lebih cucok ya (singkat-padat-(belumtentu)jelas) ehhehehhe.. :) Singkat kata, di posting kali ini saya mau bercerita tentang KKN saya yang dilaksanakan semester 7 ini.. Akhirnya si Puji KKN juggaaaaahhhh..

KKN yang saya ikuti ini adalah KKN Reguler angkatan ke-43 USD. Dapat dikatakan sudah 20 tahun-an kampus saya ngadain KKN. Saya cukup beruntung dapet program ini, soalnya sekarang udah banyak kampus yang mengganti program KKN nya dengan magang yang dirasa lebih cocok dengan tujuan mahasiswa ke depannya yaitu ‘bekerja’, tapi ya menurut saya masing2 punya kelebihan-kekurangan, yang pasti yang ada di KKN belum tentu ada di magang, dan begitu pula sebaliknya, kita dapet pelajaran dan cerita yang berbeda. Hohoohohoh.. Apapun programnya, yaaaa.. Kalo dinikmati si, saya rasa kedua2nya oke punya.

Seharusnya saya KKN di semester kemarin, tapi saya sendiri masih males2an kan, SKS padahal udah cukup tapi saya ga ambil KKN, saya malahan pergi liburan, wkwkkwkwkw.. Berasa egois. Jadilah saya mengambil KKN periode ini, saya masuk dalam kelompok 13 (lucky number thirteen), jumlah orang dalam kelompok saya 9 orang, hanya dua dari kami yang non-FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) yaitu saya dan Dedhy (Sastra Inggris), yang lain Ratna, Yus, Rean (Pendidikan Bahasa Inggris), Frater Silva (Pendidikan Fisika), Esti & Anna (Pendidikan Matematika) dan Martha (Pendidikan Biologi). Berhubung gara-gara KKN ini saya ber-gahol dengan anak2 FKIP, mungkin saya harus ganti program studi dulu jadi Pendidikan Kejiwaan. XD


Penampakan sebagian manusia2 KKN kelompok 13

Sudah 1 bulan ini saya berdinamika dengan teman2 KKN. Terima kasih sekali juga buat temen2 yang sudah mempercayakan saya sebagai kormadus kelompok 13 ini (ketua kelompok). Entah darimana ya, tiba2 saya ditunjuk sebage ketua. Padahal kita2 ni baru pada kenal aja pas pembekalan KKN. Teman2 ternyata belum tau kekejaman saya yang sesungguhnya.. HAHHAHAHA.. *ketawa ala Mpok Nori. Fyi, lokasi KKN saya di Pedukuhan Salam, Wukirsari, Cangkringan. 10KM dari Gunung Merapi, ga terlalu atas, temen saya ada yang lebih atas yaitu di Kinahrejo, tempat almarhum Mbah Marijan, jaraknya 3KM saja dari Merapi. WOW. Untungnya saya dapet yang sedang2 saja *ajib Vety Vera banged guweh..

Sudah beberapa kali saya naik ke ‘atas’, ke lokasi KKN maksudnya. Udah kenalan juga sama Pa Dukuh dan keluarganya. Dengan Pak RT2 nya juga kita udah permisi. Yaaa.. Belum kenal sama warganya aja si.. Karena akhir taun, warganya pada sibuk jadi kita gabisa ktemuan, ktemuannya pas udah live in aja ni.. Ahhahahah.. Hmmmm.. Kalo kesan saya tentang desanya si ya biasa ajah ya, maksudnya saya ga terkejut lalu jadi culture shock ato gimana, toh saya juga dibesarkan di desa, jadi biasa ajah. Dari kecil saya sering maen ke rumah si Bibi yang kerja di rumah saya, desanya juga mirip2 gini, malah lokasi saya KKN masih lebih lumayan.


Rumah pondokkan saya yang tembok pink.. feminis mamen..

Rencana, saya dan kelompok nanti ketika 1 bulan lamanya live-in berlangsung, kami akan melakukan demo masak olahan dari ikan Lele. Rencananya mau bikin baso lele, kerupuk lele dan nugget lele. Ide ini muncul dari pelatihan yang kami dapat dan juga lihat sumber daya di sana yang kolam lelenya banyak. Jadi ya lumayan lha yaaaa.. Kalo Ibu2nya bisa ngolah lele jadi makanan yang lebih variatif. Trus kalo Bapa2nya mau dikasih penyuluhan tentang perikanan. Untuk Lansia, senam lansia. Anak2 dan remaja ; bimbel, panggung boneka, trauma healing, dll. Untuk perbaikan sarana prasarana juga kami mengadakan penerangan desa, pembuatan papan pengumuman dan sticker ‘TAMU HARAP LAPOR’. Semoga apa yang kami lakukan ini, bisa berguna buat masyarakat, ga banyak juga si yang bisa kami diberikan.

Untuk penopang program2 ini kami ada program hibah kompetisi dari kampus, berharapnya si kami bisa dapetin tu duit hibah, soalnya lumayan banget kalo bisa dapet, kebantu banget soal finansial. Proposal sudah masup, dan banyak2 berdoa ajah ni dapet hibahnya. Amin. :)


Mabok ngerjain proposal hibah

Dan ya itu deh cerita awal tentang KKN saya, nantikan posting selanjutnya, sepertinya saya akan intens nulis tentang KKN.. Hayaaaaaaa..

best regards
pujiwijaya, KKN-ers

Comments