Sunday, April 3, 2011

Stalking Culture in Facebook


Halo teman. Selamat hari Minggu.
Hahahahha.. Hari Minggu gw, lagi2 tidak tenang, besok gw ujian psikologi faal & gw harus belajar hari ini.. Uhuhuuhuh.. Udah mana apal2annya banyak banget.. Wkwkwkkw.. Tapi sampe skrg, gw masih ngetik2 buat posting & membuka facebook.. Euuhhhhh social media memang lebih menarik daripada ujian psikologi faal hahhahaha..

Omong2 soal facebook. gw adalah salah satu penggemar inovasi buatan Mark Zuckerberg ini. Salah satu alasannya ialah di facebook (fb) kita bisa mengetahui kabar seseorang dengan sesegera dan secepat mungkin. Misalnya yaaa..

Ada yang baru pacaran ato jadian, pasti langsung ganti status di fb:
Puji Wijaya in relationship with Justin Bieber

Ada yang lagi bete-bete update status:
Puji Wijaya iikkkhhhh bete banget deyyhhh sama si anu

Ada yang pergi liburan ke Ragunan sama pacarnya, check in foursquare via fb:
Puji Wijaya and Justin Bieber in Ragunan Margasatwa

Ada yang ulang taun, langsung jadi top news:
Puji Wijaya’s birthday today
Xxxx: Hbd ya Ji. Wuatb.
Yyyy: Poedj2 hbd, wuatb.
Zzzz: hap-day. Makan2.
Wwww: happy bday. Muaccchh..
(ucapan ultah yg sgt standar.red)

Nah, tetapi yang jadi masalah ialah kegemaran gw akan fb dibarengi dengan satu sifat yang kurang sehat. Yaitu gw suka kepo-kepo.
Kepo means ingin tahu urusan orang.
Inilah yang jadi masalah.
Begimana ini??

O-ow..
Gw jg merasa ini menjadi masalah bagi gw karena, semakin kepo gw, semakin lama gw maenan fb dan semakin banyak waktu yang gw habiskan untuk fb.. Padahal ya, gw juga perlu waktu itu untuk urusan2 lain yang jauh lebih guna.

Keparahan gw main fb pernah gw alami ketika hari-hari weekend ketika gw (merasa) ga ada tugas dan ga ada yang ngajakin main. Nah, menjadi2lah fb-holic gw dengan ngutak-ngatik fb selama 2 jam. Padahal ya cuman browsing2 ga jelas. Liat profil teman2 & liat2 poto2 mereka dengan lebay. Beneran, gw sangat menyesali perilaku tersebut. Bener2 ga sehat gitu lhokkzzzz.. :(

Lalu, selain itu gw juga berasa menjadi stalker bagi teman2 gw sendiri. Tiap mereka melakukan apa, lalu gw liat, tiap mereka upload foto apa trus gw liat. gw kayak haus informasi gitu. Gilaaaakkk juga gw. Heuhhhhh..

Nha, gw gtw si permasalahan ini cuma gw yang ngerasain ato gimana. Tapi yang pasti, jika diantara teman2 ada yang memiliki simptom2 seperti gw. Mendingan segera sadari deh, soalnya ga baik juga untuk kesehatan mental dan fisik. Lebih baik kita mengurusi hal-hal yang jauh real ajah yaaa.. Kalo kita memang ingin tau bgmn kabar teman2, tanyalah secara langsung kabarnya tetapi tidak untuk stalking2 via fb.

Pergunakan fb untuk kegiatan yang lebih guna deh teman2 hoohohoh.. Hidup kalian akan lebih berarti dengan jarang2 dan sebentar bermain fb.
Semangat berpuasa fb.

No comments: