Wednesday, November 3, 2010

Korean Paper Doll

Helo-helo-helo..
posting singkat !!!
Hohohoh.. Seperti yang terungkap di judul di atas, gw ingin membahas tentang cara pembuatan Korean Paper Doll. gw mendapatkan kesempatan untuk membuatnya ketika gw pergi ke Korea dalam rangka student camp Juli 2010 lalu. Hum..hum..humm.. Lucu sekali bonekanya. Sebelum ke langkah-langkah pembuatannya. Lebih baik, gw jelaskan terlebih dahulu apa itu Korean Paper Doll.

Korean Paper Doll biasa juga disebut Han-Ji Doll adalah salah satu kerajinan tangan khas negara ginseng tersebut. Boneka Han-Ji ini dibuat dari kertas yang disebut kertas Han-Ji yang merupakan kertas khas Korea. Kertas ini terbuat dari serat pohon Mulberry yang tumbuh di sana & memiliki karakteristik tekstur yang unik.
Untuk lebih lanjut pembuatan kertasnya bisa dlihat di:
http://www.koreatimes.co.kr/www/news/art/2009/09/153_3920.html

Wo-o-o-o-o.. Keren ya.. Oke, kita sekarang lanjut ke tahap pembuatannya :
Fyi, sbelumnya gw sudah mendapatkan satu tabung plastik peralatan yan berisi --> boneka plastik yang sudah jadi dan beberapa lembar kertas Han-Ji dengan warna yang berbeda.
Nah...


Step 1
Boneka kita gambari dulu mukanya. Sebenarnya ga boleh macem2 ekspresinya, seharusnya 'ekspresi normal' tapi berhubung yang bikin anak Indonesia yang sotoy, sbelum dikasih instruksi lanjutan udah gambar dluan jadi begini de ehehhehehe..

Step 2
Stelah itu dengan kertas Han-Ji yan telah tersedia dengan ukuran yang pas. Kita menempel kertas tsb ke badan boneka dengan menunakan lem. Mulai dengan bagian bawah, yaitu rok han-bok


Step 3
Oke.. Stelah ribet lem-mengelem yan bawah. Sekarang giliran bagian atas yang dilem. Sehingga jadilah seperti di bawah ini. (maaf ya kurang rapih, maklum belum ada pengalaman wkwkwkwkwk..)

Step 4
Setelah itu kita tempel bagian rambutnya. Ohohohoho.. Kasian kalo botak..


Step 5
Nah eng-in-eng tinggal dikeringkan deh pake alat mirip microwave. Xixixixixixixi.. Jadi pemanasannya cepat.

Teknik pengerjaannya mudah dan singkat. Tetapi untuk membuat boneka yang lebih kompleks pastinya harus memerlukan waktu yang lama, bisa jadi lho berbulan-bulan ohohohohho..
contoh boneka yang lebih kompleks:

ohoohohohohohoho.. ketika membuat itu, gw dan teman2 lain sempat berpikir. Wah, gimana kalo kita bikin boneka kayak gini tapi motifnya, baju batik ato baju jawa.. Wew lucu banget yaaahh.. ehehehehehee..

Sekian.
:)

1 comment:

chicie said...

Wah asyiknya yg dpt ksmpatan ke korea
*lap iler

wah bonekanya lucu2, jd tambah ni pengetahuan aku ttg korea...