Wednesday, July 7, 2010

Reaching Bromo Mt.

Selaaaammmatttt.. Pagi buta..
i woke up too early.
hahaaa.. teman, inilah yg ditunggu2.. gw akan menceritakan bagaimana perjalanan gw ke Gn. Bromo.. yapp tempat yg udah lama gw citakan u/ pergi ke sana.. akhirnya terealisasi di pertengahan tahun 2010 kemarin, tepatnya tanggal 10 Juni 2010.. waahhh kado yang membahagiakan menjelang ulang tahun ke 20.. wkwkwkwkwkkw..

gw melakukan perjalanan ke Malang dengan 7 orang teman2 penelitian Psychology Beyond Borders.. Biasanya gw nyebut mereka PhD family.. Berangkat dari Jogja jam setengah 5 sore.. Perjalanan yang di tempuh cukup jauh sekitar 400-an kilometer.. Trus si supir mobil sewaan kami tu agak lucu, sukanya muter2 jadilah perjalanan kami agak lama.. Di tengah perjalanan sempat maem di resto milik Tarzan, pelawak itu lho.. Lumayan resto nya, banyak kucing persianya, kocaknya ntu kucing kerjaannya melet mulu.. Dan yang pasti harga makanannya mahal wkkwkwkwkkwkw.. T.T setelah makan lanjut perjalanan ke arah kota Probolinggo, dmn, Gunung Bromo itu berada.. gw sempet tidur lama, pas nanjak ke Desa Ngadisari, gw bangun & excited sekali.. waaaaa.. sebentar lagi gw akan menginjakkan kaki di Gn. Bromo.. Huahahahhahahahhahaah..

Nyampe di tempat transit, udaranya udah mule dingin banget, di sini persiapkanlah peralatan tempur berupa sarung tangan, jaket tebel, topi kupluk, yang ga bawa ada yang jual koq.. :). Lalu, kami ganti mobil dengan Jeep. 275rb untuk 1 Jeep. Rutenya Ngadisari - Penanjakan - Gn. Bromo. Waktu itu udah jam 3 subuh.. 1 Jeep muat buat 5 orang + supir. gw sempet tidur (lagi) di Jeep abis perjalanan ke Penanjakan (tempat liat matahari terbitnya) habis lama banget perjalanannya huahahhahahahahaha.. sekitar 45menit. Lalu, tiba2 dibangunin & udaranya udah dingin banget aja..Wowwwww.. sekitar 3-5 derajat celcius.. Ini berarti.. Udah nyampeeeeee.. ini bukan mimpi.. :D

Liat sunrise di Penanjakan itu ialah salah satu atraksi yang paling menarik di Gunung Bromo, ga heran kalo di sana banyak banget wisatawan, mostly, wisatawan asing.. Bule2 gituuu.. udah berasa dimana aja hahahahhahaa.. Oya, perlu diketahui bagi yang alergi dingin, di sana jg ada yang nyewa2in jaket tebel (bgd) harganya variasi dari 10rb-20rb, tergantung nawarnya. Tapi saran gw c kalo kita ga punya masalah sm hawa dingin, mending, bawa sendiri aj, pake jaket biasa jg masih anget koq, jangan lupa sarung tangan & pake sepatu temand..
Lalu stelah siap dengan persiapan tsb, naik tangga dikit & nunggu de mataharinya muncul pelan-pelan.. Dan langit di sana bagus banget teman-teman. Walopun nafas tersengal-sengal gara-gara oksigen tipis, tp gw enjoy2 aja nikmatin prosesnya.. Bagus sekali mataharinya.. Terima kasih Tuhan, luarbiasa..

Karena langit juga udah agak cerahan, kami udah bisa foto2, di sana juga banyak yang jualin Bunga Edelweiss.. Waaaaaa.. gw tdnya pengen beli tp gjd, tau kalo ntu bunga nya tinggal metik doang.. Kan ngerusak lingkungan. Akhirnya gw cm pinjem buat foto hahahhahaha.. Makasih yaaaaa, Pak. Lalu, stelah matahari ada di atas.. Mule melakukan aksi.. Narsizz bersamaaaaa hahahahhahaha.. Gunung Bromo, keliatan dari atas bagus bangettttt, kayak di gambar2 kalender, waaahh peradaban Dinosaurus. Bisa de dijadiin lokasi syuting Jurassic Park hahahhahahaha..


Perjalanan kami di Bromo bukan cm sampe di situ saja. Habis ini, dengan Jeep, kami diajak ke spot2 yang bagus untuk diabadikan.. Supir Jeep kami jg baik banget & dia cerita2 gitu.. Ternyata Gunung Bromo itu termasuk dalam Taman Nasional Gunung Bromo, Semeru dan Tengger, jd wisata yang bisa kita dapetin itu bukan cm Gunung Bromo nya saja, tp banyak jg yang lain.. Mas2 supir kami itu orang suku Tengger, yang gw baca di internet suku Tengger itu suku asli daerah ini.. Ciri khas mereka suka pake sarung, lalu atap rumah mereka pake seng lho, agar hangat, maklum daerah ini kan emg dingin banget.. Mereka mayoritas beragama Hindu, maka di dekat kaldera Bromo ada pura nya.. Mirip pura Bali.. Dengar2 mereka jg kerabat dekat dari Suku Bali.


Menuju ke kawah Bromo kami disuguhkan atraksi kuda.. Wahhahahha.. Banyak banget kudanya. Mereka siap nganterin siapapun ke kawah Bromo.. Tarifnya 100rb dan ini berubah2 sesuai jarak. Nyampe di tengah2 jd 50rb.. Udah deket bgd sm kawahnya 10rb hahahahha.. Lucu de.. Kami jg bs megang kabut lho.. Karena masih pagi, kabut nya keliatan jalan ngelewatin badan kita & bs dipegang.. Basaaaaahhh kyk air ujan gerimis..
Untuk menuju ke Kawah Bromo ada 2 alternatif, yang pertama udah disebutin di awal, yaitu pake kuda, yang kedua : jalan kaki. Kira2 3 kilometer jaraknya. gw si milih jalan kaki aja.. Kasian kudanya, udah gitu kudanya bau, trus jg mahal hahahhahaha.. Lalu stelah jalan/naik kuda kami masih harus naik tangga yang jumlahnya 249buah.. Butuh perjuangan banget niii.. Pegel2 de kaki, betis membesar hahahhaha.. Udah smpe atas.. Bisa keliatan.. Betapa 'aktif'nya si Gunung Bromo.. Waaaaaaaaaaa.. Oya, pemandangan kaldera kalo diliat dari atas, udah kayak di Switzerland. Bagussss bangetttt.. :)) prok.. prokk.. prokkk..


Dannnn perjalanan kami selesaiii.. yyaaaaaaahhh.. Sebenernya sm supir Jeep nya masih ditawarin daerah yg lain yaitu Padang Pasir Berbisik, yang pernah jadi syuting film nya Dian Sastro & Padang Rumput Bromo, itu juga suka dipake untuk syuting2 film & video klip artis wkwkkwkwkwkkwkw.. Tapi kami rasa sih sudah cukup.. Hahahahaaaaa.. Dan kami pun siap beristirahat di Batu - Malang, melanjutkan perjalanan yang selanjutnya..

Gunung Bromo... Akhirnyaaaa..
Cerita2 yang lain masih berlanjut wohohohohohhoh..

tips & trick:
- bawalah makanan sendiri & peralatan sendiri, kalo beli di tempat, mahal banget, ya.. namanya aja daerah wisata yaaa.. apa coba yang ga mahal.. gw sempet mau beli batere di sana, tp busedd banget dah harganya yang di toko gw cm Rp 7.500,- di sna jadi Rp 20.000,- weeeeewwww..
- pilihlah mobil Jeep yang agak bagusan soalnya dengan harga yang sama, kita bisa aja dapet yang jelek.. Kan udah bayar mahal masa ga nyaman.. hahhaha.. bilang ke operatornya aja..
- wisata ke Bromo ga murah. Makanya perlu nabung dari sekarang.

fact:
- bulan terdingin di daerah ini yaitu bulan Agustus..
- masih ada 1 lagi atraksi keren di Gunung Bromo yaitu upacara kasada yang diadakan pada tanggal 14 dan 15 bulan ke duabelas (tahun Jawa) atau bulan Desember/Januari (tahun Masehi). Dalam upacara ini dikorbankan sebagian hasil sawah, ladang dan ternak masyarakat dengan melemparkannya ke kawah Gunung Bromo sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain Upacara Kasodo juga di kenal Upacara Karo Dan Ayak-ayak.
- Nama suku Tengger itu berasal dari singkatan dari anTeng & seGer, dua orang yang menurut mitos menjadi cikal bakal orang Tengger, Rara Anteng dan Joko Seger. Rara Anteng sendiri ialah putri dari Raja Majapahit, Brawijaya. Ketika ada pergolakan di Jawa, masyarakat yang setia dengan agama Hindu itu sebagian besar melarikan diri k Bali, sisanya mengasingkan ke daerah Bromo. Dalam Bahasa Indonesia sendiri, Anteng berarti : Diam (quite), Seger berarti : segar (fresh).. Yapppp.. Bromo is really quite & fresh..

the adventure
still to be continued..

2 comments:

Yunaidi Joepoet said...

perjalanan yang menyenangkan :D

Ingke Apelia said...

waah bromo, it should be fun and nice! :)