Sunday, April 19, 2009

Belanda, Indonesia Belok Kiri



B-E-L-A-N-D-A



B= Bunga tulip
E= Edukasi
L= Liga sepakbola
A= Amsterdam
N= Nederlands-Indie
D= Dijk
A= Angin

Untuk huruf yang kedua: E= Edukasi agak dalem yah maknanya... Heheheheh... Buat sebagian orang (termasuk gw) bisa "nyicipin" kuliah di luar negeri itu adalah sebuah kesempatan yang luar biasa. Apalagi kalo dapetnya karena prestasi ato scholarship, beuhhhhhhh... Mantabh... Lengkap banget kebahagiaan lo! Hmmmm... Dan suatu ketidaksengajaan lagi-lagi dateng ke dalam hidup gw dan mengantar gw buat nulis postingan ini di blog.

"...Neso Indonesia, lembaga non profit yang mewakili pendidikan tinggi Belanda di Indonesia, bekerja sama dengan dagdigdug menyelenggarakan kompetisi blog 'Studi di Belanda'..."

gw baca artikel ntu di sebuah majalah remaja, pas lagi enak-enak ngadem (AC-an) di perpus kampus. gw liat poto yang terpampang: Raditya Dika plus mister-mister bule lagi diwawancarain, waw liat dari ekspresi mereka, sangat meyakinkan, mengeluarkan aura-aura keberhasilan hahhahahah... udah gitu pas baca artikel nya gw langsung ngomong dalem hati:
"gw harus ikut ni acara."

Dari dulu gw punya cita-cita untuk kuliah di luar negeri. Negara-negara kandidat gw yaitu Amerika Serikat, Skotlandia, Inggris, Singapura dan BELANDA. Negara yang gw sebutkan terakhir itu justru tujuan utama gw.



Mengapa Belanda???
Alasan pribadi nya sih karena gw penasaran sama negara ini, secara dulu waktu di SD diceritain sama guru sejarah tentang penjajahan Belanda di Indonesia, lama-lama mikir, negara ini kok ya hebat banget bisa punya tanah jajahan banyak, terus bikin ini-itu;bangunan lha, jalan raya, rel kereta api, merintis surat kabar/koran, bikin sekolah. Dahsyaaattttt tenan... Nah dari situ lah gw mulai tertarik pada Belanda. Sejak SMA rajin browsing-browsing tentang budaya, adat, pergaulan, wisata dan yang pasti pendidikan di sana.

Alasan lainnya, karena:
1. pendidikan di sana bagus, universitas-universitasnya masuk ranking dunia. pemerintah nya juga concern sama pendidikan.
2. untuk studi, mayoritas bahasa pengantar nya bahasa Inggris.
3. untuk biaya hidup di Belanda masih terhitung murah kalo dibandingkan dengan negara maju lain.
4. ga muna juga, wisata di sono bagus banget dan menarik... heheheheehh...
5. aman
7. kebudayaannya unik
6. tertarik dengan keadaan politik di Belanda yang sama dengan di Indonesia, mengakui keanekaragaman. Nah ini nih justru point nya. Sejak dulu Belanda menjadi pusat perdagangan dunia, lewat dari sini lah orang-orang di dunia datang, ada yang cuma berkunjung dan ga sedikit juga yang menetap. Mereka berasal dari berbagai belahan bumi, sehingga lama-lama di Belanda ada akulturasi kebudayaan. Pelajar Indonesia yang belajar di sana juga jumlahnya ga sedikit, otomatis lo ga kan ngerasa sendirian ato desperate bgt pas sekolah di Belanda.

Beuhhhhhhhhhhh… Mantabh tenan kan…
Hummmmm... So, Holland???!! Here we go...^^

1 comment:

alice1n7h4 said...

ehm..

sorry ya aku ngambil tulisan "b e l a n d a" - mu, yg ktnya koleksi pribadi itu... ku masukin ke foto2 di facebook ku...

jujur, aku pengen banget kuliah di sana...

soalnya dari dulu aku pengen liat belanda secara langsung...

thx buat info2 yg ada...

Gbu