Social Media Berbasis Almamater

Beberapa hari yang lalu saya diberitau beberapa teman blogger, bahwa ada social media baru yang dibuat oleh teman-teman apps developer asal Indonesia. Penasaran, karena jarang-jarang lho ada social media yang 'asli' Indonesia. Namanya JOIN Alumni & School Friends, bagi teman pembaca yang memiliki device android dapat mendownloadnya langsung di sini. Sesuai dengan namanya, socmed baru ini mengusung tema pertemanan berbasis almamater sekolah. Tujuannya untuk mempertemukan kita dengan teman-teman pada waktu jaman sekolahan dahulu. Saya sendiri sampai dengan sekarang punya banyak teman, namun memang tidak semuanya keep in touch. Social media yang sekarang ada juga belum tentu dapat mempertemukan saya dengan teman-teman yang sudah lama sekali tidak kedengaran kabarnya. Maka, ketika ada aplikasi socmed ini saya harapkan bisa membantu pencarian para alumni-alumni sekolah mulai dari jaman SD-kuliah.

Tak lama mikir, saya pun coba mengunduh apps nya, tidak berat koq hanya sekitar 6,6 MB sajo. Saya sempat ketar-ketir juga sih karena takut error downloading (kadang apps baru kan suka begitu) tapi ternyata lancar-lancar aja. Lalu, ketika open aplikasinya saya dibawa ke tampilan halaman pertama yang simpel dengan dekorasi warna kuning yang bikin menarik. Oya, satu hal yang menurut saya jempol dari aplikasi ini adalah tampilannya - meyakinkan tanpa kebanyakan gambar dan pernak-pernik. Hahaha.. Habis gitu simbolnya saja cute gitu. Secara validitas tampang, yaaa oke banget gitu. Lalu bagaimana dalamannya?


Jika melihat dari cara registrasi, cukup mudah koq tidak memusingkan. Langkahnya:
Pertama, kita verifikasi identitas dulu, bisa lewat facebook/SMS
Kedua, masukan deh nama sekolahmu dlu, database JOIN lengkap banget jadi biar sekolah nyempil-nyempil di kecamatan mana gitu pastinya ketemu
Ketiga, tambahkan teman-teman yang se-alumni. Bisa search lewat facebook juga, prosesnya agak lama tapi worth buat ditungguin hehehe..
Keempat, kalo ada kontak di device (kontak phonebook atau instant messaging Line & Whatsapp) bisa di add juga dari situ, gratis, kontak akan di SMS oleh JOIN tanpa memotong pulsa
Kelima, yupp langsung terhubung dengan teman-teman lama dan sharing apa yang kalian ingin share (foto, status, pesan pribadi, posting di wall, dll)

brief preview of JOIN Alumni & School Friends 

Yang menarik adalah kita bisa terhubung sekaligus dengan 4 jenjang pendidikan, yaitu SD, SMP, SMA, dan kuliah. Lengkap kan, namun memang agak sulit si bagi yang waktu jaman sekolahnya berpindah-pindah sekolah, jadi hanya bisa memilih satu sekolah saja tiap jenjang. Lalu saya juga suka dengan adanya si Satpampam, yang berlaku seperti admin yang mengirimi pesan info mengenai apps nya dan lain-lain. Menu-menu nya juga tidak menyulitkan. Saya sendiri kadang suka males dengan apps yang kebanyakan 'tombol', nah di sini saya merasa nyaman-nyaman saja. Untuk fitur yang ditawarkan memang tidak jauh berbeda dengan socmed lain, hanya saja menjadi seru karena hal-hal yang kita bagi sifatnya personal dengan orang yang sejak lama mengenal kita dan punya pengalaman yang sama di sekolah. Namun, yang saya sayangkan ketika mencoba apps ini saya tidak bisa post tentang sekolahan saya berhubung masih locked, alias memerlukan teman lain (min. 5) untuk membukanya.

Secara keseluruhan saya suka konsep yang ditawarkan, tampilan, dan juga sistemnya. Hanya saja agar lebih afdol dan lebih tersosialisasikan, moga-moga next time apps ini bkn hanya dinikmati oleh penikmat Android saja, tapi pengguna BB dan iphone juga dapat menikmatinya. Hehehe.. Selain itu juga, sebenarnya lebih seru ketika JOIN menambahkan fitur-fitur unik pertemanan khas jaman sekolahan, seperti misalnya: menambahkan fitur di bio (bukan hanya nama/foto) tapi juga seperti julukan, hobi jaman sekolah, jajanan favorit, atau mungkin bahkan guru/dosen favorit.

Siapa yang tidak mau bertemu dengan teman-teman lama, bernostalgia bareng, mengenang pengalaman-pengalaman jadul yang memorable banget. So, teman-teman ayokk segera meramaikan JOIN Alumni & School Friends, karena tanpa kalian jadi gak rame.

best regards,
puji wijaya, lagi cari-cari teman lama

Comments

Adi said…
itu web baru ya, yg Sadhar pny udah lmyn rame kyknya Puj.
Anonymous said…
@ Adi : iya lumayan rame Di..