Wednesday, October 9, 2013

Goliath Burger = Burger Maksimal

Hari Minggu tanggal 6 Oktober 2013 kemarin, berbeda dengan hari-hari Minggu yang biasanya. Hari ini menjadi spesial karena saya berkesempatan menghadiri KopDar (Kopi Darat) Komunitas Blogger Jogja (lebih gaul dengan sebutan KBJ). Ini adalah kali pertama saya mengikuti KopDar setelah sekian lama saya menjadi anggota KBJ di grup online dan setelah sekian kalinya saya didorong teman untuk ikutan event KBJ. Finally, it happened! Bertambah spesial juga, karena KopDar kali ini diadakan di lokasi yang cukup *ehem* (*ehem* di sini maksud saya lokasinya sangat oke punya) yaitu di Lotus Ballroom III, Grand Aston Hotel Yogyakarta. Ternyata secara khusus Grand Aston Hotel Yogyakarta bekerja sama dengan KBJ untuk menyelenggarakan acara gathering ini.

Acara KopDar kali ini benar-benar maksimal, bukan hanya maksimal dalam hal lokasi tetapi juga susunan acara. Maksimal banget deh, sesuai dengan slogan KBJ. Acara dimulai pada pukul 10:45 diawali dengan coffee break yang disediakan oleh Grand Aston Hotel Yogyakarta, saya berasa dibawa ke masa kecil karena menu cemilan coffe break adalah kue leker (martabak mini) cokelat keju dan gorengan tahu, jajanan waktu masih imut-imut yang Indonesia banget ni. Lalu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari pihak KBJ serta Grand Aston Hotel Yogyakarta, perkenalan serta sejarah KBJ yang membuat saya paham mengenai komunitas ini.

 serius tapi santai KopDar KBJ

Salah satu acara inti pada acara kumpul-kumpul ini adalah sesi sharing antar anggota, ada beberapa teman blogger yang memiliki usaha yang dijalankan secara online. Mereka berbagi pengalaman merintis usaha mereka, ada yang punya usaha berjualan gendongan bayi, jasa printing online, ticketing transportasi, topi distro, kaos anime, kaos bagi pecinta fotografi dan makanan dengan bahan baku jamur. Menurut saya, semua dari mereka luar biasa karena mereka mampu mewujudkan apa yang mereka inginkan. Selama ini, saya banyak dengar orang ingin punya usaha A, B, ato X, tapi hal tersebut hanya berhenti pada kata ‘ingin’ saja, untuk di-follow up, dilaksanakan dijalani beneran, hmmm.. Bisa diitung jari deh. So, saya bangga sekali dari antara anggota KBJ ada yang memiliki tekad kuat merintis usaha online yang diliat dari luar itu terlihat gampang, tapi dari sharing teman-teman saya menangkap, bisnis tersebut butuh perjuangan dan usaha yang keras juga. Maksimal bener deh blogger Jogja. Kemudian, sesi ini makin lengkap dengan hidangan lunch Grand Aston Hotel Yogyakarta, yang sungguh menggugah selera, apalagi berhubung saya anak kosan, rasanya perbaikan gizi banget. Sempurna!

Acara berikutnya yang tidak kalah seru adalah acara lomba makan burger. ‘Makan burger? Ahhhh keciiiillll.. 5 menit juga habis..’ eh, jangan salah, burger ini bukan burger biasa lho. Namanya Burger Goliath, yaitu burger spesial dari Grand Aston Hotel Yogyakarta. Ini adalah salah satu signature dish dari hotel bintang lima tersebut. Apa yang spesial dari Burger Goliath? Teman-teman mungkin sudah bisa menebak dari namanya, yap, ukuran dari burger ini berbeda dari burger yang lain, dengan diameter 30 cm dan tebal sekitar 6 cm, kalau saya yang makan burger ini sepertinya butuh bantuan 3-4 orang dan kalaupun saya makan sendirian, saya butuh waktu 1-2 jam untuk menghabiskannya. Heheheheh..

Ini dia rajanya burger

Selain itu karakteristik spesial dari burger ini juga terlihat dari pernyajiannya yang sangat rapih dan cantik, dengan ukurannya yang jumbo justru jadi menggugah selera untuk makan. Isi dari burger ini juga tidak kalah lengkap dengan burger biasa, daging dan roti dimasak sesuai dengan standarnya. Tidak lupa selada air segar, telur dadar, tomat dan buah nanas, menjadikan Goliath Burger hidangan yang tepat untuk bersantap-ria.

Nah, lomba makan ini boleh diikuti oleh seluruh peserta gathering KBJ. Namun, memang yang paling semangat adalah yang cowo-cowo. KBJ-ers yang cewe-cewe pada malu-malu kucing, mungkin ada yang takut endut ato takut pasaran turun (Mbak selera makannya besar yaaa..) Sesi ini bertambah seru ketika kami mengetahui bahwa dari pihak Grand Aston Hotel Yogyakarta akan menyediakan 5 burger saja. Jadi calon peserta berlomba cepet-cepetan nge-tweet untuk menjadi peserta lomba. Langsung deh, teman-teman KBJ pada panik ngetik di gadget masing-masing untuk siap di tweet: DAFTAR #GoliathBurger #KBJAston @blogger_jogja @AstonYogyakarta. Saking semangatnya ada teman yang mendahului tweet admin lomba jadi harus didiskualifikasi dan proses pencarian peserta ini harus diulangi dua kali. Saya gak berhenti ketawa-ketawa melihat teman-teman KBJ heboh dan excited banget untuk mengikuti acara lomba.

Akhirnya didapatlah 5 orang dengan tweet tercepat yang berhak mengikuti lomba makan Goliath Burger. Pelaksanaan kontes berada di Saffron Restaurant yang berada di lantai dasar Grand Aston Hotel Yogyakarta. Resto ini cozy dan homey sekali, terlebih di bagian luar ada Saffron Garden Terrace dengan tempat duduk santai dan pepohonan yang tambah membuat Grand Aston Hotel Yogyakarta bagaikan rumah sendiri. Lima orang peserta lomba makan dipersilahkan duduk di tempat yang telah disediakan, di meja mereka sudah disediakan Burger Goliath. Saya penasaran juga kan, emang se-gede apa sih burgernya, ketika tutup saji dibuka, saya bisa melihat jelas, oh my God, saya menelan ludah, terlihat enak banget. Peserta lomba harus menghabiskan burger dalam waktu 15 menit, nanti akan terpilih 3 pemenang, ini dy yang menantang. Hehehehe.. Ayooo siapa yang bisaaaa..

Hebohnya suasana perlombaan

Perlombaan berlangsung dengan seru. Saya dan teman-teman lain, walaupun hanya jadi penonton, tapi tak kalah heboh. Kami saling menjagokan teman peserta yang berbadan besar, ketawa-ketawa sampai rahang pegal dan sakit perut. Peserta lomba pun tingkahnya lucu-lucu, dari yang makannya rapih banget pake sendok garpu, sampai peserta yang ketika itu memang bawa anak ke gathering, anaknya ikutan ngeliatin Bapaknya lomba makan burger ikut nyemil burger juga, lucu banget deh.. Gak kerasa 15 menit pun berlalu, dan saatnya penjurian.. Dari 5 peserta, memang tidak ada yang bisa menghabiskan burger dalam waktu 15 menit, dari mereka berlima, ada satu yang mengundurkan diri, tinggal empat dan empat2nya lah yang jadi pemenang. Huaaaaa.. Seru bangettt.. Selamat, anda mendapatkan travel bag dari Grand Aston Hotel Yogyakarta. Selanjutnya, acara ditutup dengan foto bersama, hotel tour dan salam penutupan dari panitia gathering.

Pemenang kita (yang membawa piring)

Masih berbicara tentang Goliath Burger, mungkin ada teman-teman yang penasaran dengan burger ini dan berniat untuk mencoba. Goliath Burger bisa didapatkan hanya di Grand Aston Hotel Yogyakarta, for your information Goliath Burger ini adalah burger terbesar di kota Yogyakarta. Gak ada dimana-mana lagi selain di Grand Aston Hotel Yogyakarta. Lalu, berapa harga nya? Rp 99.000, net/pcs. Mahal? Tidak juga, karena Goliath Burger bisa dimakan bareng dengan teman-teman, porsinya cukup untuk 4-8 orang. Bukan hanya bikin kenyang, tapi bisa menguatkan tali persahabatan nih. Oya, bagi teman-teman yang iseng ingin membuatnya di rumah, bisa melihat resep berikut:


Proses memasak:
Panaskan minyak dalam teflon, masukan daging cincang yang sudah di cetak ke dalam teflon. Bila sudah matang disisihkan.
Belah burger bun menjadi dua bagian. Oleskan margarine/butter pada kedua sisi dalamnya lalu masukkan dalam oven kurang lebih 3 menit dengan suhu 160 derajat.
Keluarkan burger bun dari oven kemudian oleskan saos tomat pada kedua sisi dalam.
Susun selada di atasnya burger bun sisip di bawah lalu diberi 1 irisan tomat, daging yang sudah matang, kemudian siram dengan saos diatas daging setelah itu beri telur mata sapi dan juga nanas diatasnya.
Goreng french fries, setelah matang ditiriskan dan disusun diatas telur, kemudian tutup dengan burger bun yang sisi atas.
Goliath burger siap dihidangkan.

Goliath Burger dari sisi samping

Beberapa dari teman mungkin bertanya-tanya soal kandungan gizi yang ada pada Goliath Burger ini. Melihat dari bahan-bahan dasarnya Goliath Burger kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin B1, B2, B6, vitamin E, serta potasium yang didapat dari sayur dan buah yang ada di dalam burger. Lalu, roti dan kentang sendiri mengandung karbohidrat yang penting untuk membangkitkan energi. Patty nya karena diolah dengan baik memberikan protein, fosfor dan zat besi yang baik untuk tubuh. Hmmm.. Maksimal kan Goliath Burger? Soal urusan rasa, jangan khawatir, dengan bahan berkualitas dan proses memasak yang terstandarisasi, jaminan rasa oke deh. Kita juga bisa menambahkan rasa dengan tersedianya garam-merica serta saos tomat dan saos sambal, tambahkan sesuai dengan selera.

So, bagaimana, tertarik teman-teman? Bagi yang ingin makan burger secepat mungkin segera melesat ke Grand Aston Hotel Yogyakarta sekarang juga, bagi yang doyan masak bisa membuat sendiri di rumah/kos dengan resep di atas. Bon Appetit!

Resource resep: spesial dari Grand Aston Hotel Yogyakarta
Photo taken from my own camera

Grand Aston Hotel Yogyakarta
Jalan Urip Sumoharjo No. 37
Yogyakarta 55800
Telp. 0274-566 999

best regards,
puji wijaya, mau coba burger maksimal

Tambahan:
bagi yang ingin tau kehebohan kompetisi Goliath Burger bisa diliat di saluran Youtube saya :


12 comments:

Nehru said...

Bikin laper ni Gan..

Tito said...

wah, mantep banget ya Puj.. mbandingin ama pisau garpunya aja udah segedhe gitu.. jadi penasaran nih Puj.. :D

Anonymous said...

Kak Puj, beneran itu 30 senti, lebar banget.. Hahaha, bingung juga ngabisinnya XP

Jeanot Nahasan said...

Kapan2 aku ditraktir yah makan goliath burger :v

Puji Wijaya said...

@ Nehru : iya ni pas bikin postingnya aku jg merasa kelaparan
@ Tito : ayokk ke Jogjaaaa makanyaaa..
@ Anonym : bener suerrr..
@ Jeanot : Harusnya km yg traktir Nottt.. yg udah kerjaaa.. ;p

Rika Verry Kurniawan said...

Mampir blognya ya...
Wah belum sempat mencicipi burgernya, tapi ok sih penampilannya... top dan maksimal

Puji Wijaya said...

@ thx Mz Rika, iyah penampilannya unyu yaaaaaa..

TONGKONANKU said...

Walaupun gak ikut lomba makan burger, tapi saya juga sempat nyicipin burgernya. Lumayan, walaupun sisa lomba. :D

Puji Wijaya said...

Yuk.. menabung.. buat cobain burger Goliath

eko pusber said...

mantap...

besok jatah nraktir ni puji...

g dapet burger coklatpun jadi :D

#maksimal

Anonymous said...

uhuyyy.. burger nya dahsyat..

Puji Wijaya said...

@ Eko : hahahaha.. kagak menang Eko..
@ Anonym : iyahhh mantap jaya deh size nyaa..