Thursday, May 9, 2013

Live The Dream

Pernahkah kamu? Memiliki mimpi bisa menginjakan kaki di tempat lain selain tanah kelahiranmu? Saya pernah. Berhubung saya ini tipe dreamer, hal tersebut terjadi bukan hanya sekali.

Pertama, saya bermimpi bisa ke Kota Pelajar, Yogyakarta. Untuk jalan-jalan? Bukan, saya ingin ke Jogja untuk kuliah. And it’s happened in 2008.

Kedua, saya bermimpi pergi ke gunung, persisnya ke Gn. Bromo. Waktu itu saya suka banget sama Soe Hok Gie, diceritakan dalam filmnya, Gie suka naik gunung. Berhubung saya belum berani model hiking gitu, saya menurunkan levelnya jadi ke gunung wisata saja deh. Hahahhahaha.. Tahun 2010, saya diajakin pergi bersama teman-teman ke.. Gn. Bromo.

Ketiga, saya bermimpi pergi ke luar negeri, negara apa aja deh. Penasaran saya. Orang-orang lain heboh dengan luar negeri, termasuk Kakak saya. Melihat foto-foto Kakak saya, kesannya : wah senang ya bisa kenalan dengan orang banyak dan mengetahui banyak hal baru. Di tahun yang sama (2010), saya gak nyangka bisa pergi ke Korea Selatan, untuk Student Camp pula.

Keempat, mimpi saya, saya ingin sekali sekolah ke Amerika Serikat. Insight ini pertama kali muncul karena dulu guru les bahasa Inggris saya se-waktu SMA suka bercerita mengenai negara tersebut. Di dunia perkuliahan, dosen saya juga ada yang lulusan sana, mereka sangat menginspirasi saya. Ditambah juga melihat sepupu2 saya beramai-ramai sekolah ke sana, ada lah rasa iri dalam diri saya. Tapi, saya tau, orangtua saya punya batasan.

Khusus untuk si nomer empat ini, saking pengennya, sampe saya tempel tulisan ‘GO UNITED STATES!’ di tembok kamar kos saya, tidak lupa dengan gambar bendera AS-Indonesia mengapit lambang kedutaan AS. Hehehhehe.. Terasa khayal banget ya.. Sambil berangan-angan. Saya kuliah, mengejar ketertinggalan semester awal dan sambil melakukan kegiatan yang menurut dosen dan diri saya, mungkin suatu hari kegiatan tersebut mungkin bisa menghantarkan saya ke Amerika Serikat. Kegiatan tersebut adalah riset.

Jujur saja, rasanya untuk membuat hal ini kenyataan, sesuatu yang sulit sekali. Beberapa kali mengikuti seminar mengenai beasiswa ke Amerika Serikat, yang saya tangkap, syaratnya terkesan mudah tapi sebenarnya complicated, belum lagi harus bersaing dengan ribuan applicant dari seluruh Indonesia/bahkan dunia, untuk mendapatkan hal tersebut. Hmmmm.. Hmmm.. Saya jadi berpikir lagi. Apa ya sudah lha ya saya urungkan saja niat untuk bisa ke sana. Toh, selesai kuliah ini juga saya ada kewajiban untuk bekerja dulu jadi cici2 kantoran (might be?). Setidaknya membuat orangtua saya lega karena anaknya yang kedua ini akhirnya bisa menghidupi diri sendiri.

Namun, entah kebetulan, entah bagaimana, ketika nyala semangat itu mulai redup. Justru  pada bulan April 2013, saya mendapatkan kesempatan untuk pergi ke Amerika Serikat. Memang, belum untuk sekolah, tetapi untuk mengikuti sebuah konferensi (cerita mengenai latar belakang ini bisa dibaca di sini). Senang. Pastinya iya. Bukan sekedar senang karena bisa jalan-jalan ke sana dibiayain kampus, tapi senang nya itu lebih karena dengan konferensi ini saya bisa meningkatkan kredit untuk apply graduate school di masa yang akan datang. :) Saya jadi semangat kembali meneruskan si mimpi nomer empat, tempelan kertas motivasi di tembok kos saya pun lebih saya perjelas 'Going Graduate School in United States'. :D

Dengan konferensi ini, pintu untuk melanjutkan studi (baik di dalam negeri, luar negeri, bukan hanya di AS) setidaknya terbuka sedikit lebih lebar. Namun, saya memahami, bahwa, masih banyak hal yang harus saya kerjakan, masih banyak usaha yang perlu saya kerahkan, masih banyak keringat dan air mata yang dikeluarkan, dan satu yang tidak lupa, masih perlu banyak doa yang dipanjatkan. Heheheheh..

Daaann.. Demikian posting pada hari libur ini.
Selamat Hari Kebangkitan Isa Almasih.

best regards,
puji wijaya, perjalanan saya masih cukup panjang

4 comments:

beatrichrani said...

Semangat mbak Puji. USD : Usaha, Sabar, dan Doa. Pasti bisa ;)

Puji Wijaya said...

Thanks Raniiii.. Kamu jg yaaa semangat.. Gbu. :)

Anonymous said...

Yuhuuu..!!

Semangat terus, dedeku.
Inget jg jaga kesehatan.

Puji Wijaya said...

He-eh Ciiii XD