Sunday, September 16, 2012

Going The Extra Miles


Sebuah Review Buku

Rasanya saya jarang sekali mereview buku di blog. Liat punya liat ternyata memang tidak ada tag ‘Review Buku’ di blog ini. Hahahaha.. Oke baiklah, mulai sekarang saya mau rajin aaa mengulas buku yang selesai saya baca.

Buku yang mau saya ulas kali ini berjudul : Berjalan Menembus Batas. Buku ini adalah buah karya dari penulis favorit saya, Ahmad Fuadi. Nah, tidak seperti buku-buku sebelumnya yang berjenis novel dan ditulis sendirian, di sini Bang Fuadi (panggilan akrab.. wkwkkwkw) menulis sebuah buku cerita inspiratif bersama beberapa teman2nya yang memiliki pengalaman serupa. Membaca halaman-halaman awal, terlebih di bagian pengantar, membawa kita memahami tema utama dari buku ini, yaitu: usaha untuk meraih impian. Lalu, masih dengan spirit Man Jadda Wajada menjadikan buku ini ‘Bang Fuadi banged’.

Saya sebenarnya tidak sengaja membaca buku ini, sudah lama juga bacanya sekitar bulan Juni awal. Kebetulan karena saya bantu2 di perpustakaan, saya mendapat akses buku baru lebih awal, alias curi-curi lihat kalo di rak staff ternyata ada buku baru. Hahahaha. Setelah buku ini resmi menjadi penghuni baru perpustakaan, langsung saya sabotase selama 2 hari untuk baca. Membaca pertama kali memberi kesan tertentu untuk saya, saya merasa buku ini seperti luapan rasa syukur bagi penulis2 di dalamnya. Hampir seluruhnya bercerita mengenai bagaimana perjuangan yang dirasakan ketika menggapai cita-cita. Masalah yang muncul dalam usaha ini pun bermacam2, mulai dari kekurangan biaya, terkena sakit-penyakit, keterbatasan fisik, ditinggalkan orang yang disayangi, tidak strategisnya tempat tinggal sampai kurangnya fasilitas. Dengan cukup cerdas Bang Fuadi mengelompokkan masalah2 ini ke dalam tiga bagian, yaitu : Bagian 1 – Melawan Keterbatasan Harta, Bagian 2 – Menahan Rasa Sakit, dan Bagian 3 – Menembus Batas Usaha.

Membaca buku ini di tempat umum (di perpus.red) memberikan tantangan tersendiri untuk saya. Berhubung saya orangnya sensitif, jadilah saya insrek2 di perpus, terharu baca cerita2 di buku ini. Cerita-cerita nya benar-benar touchie dan memberikan pemahaman tentang kehidupan bahwa segala sesuatu tidak ada yang mudah, semua butuh usaha. Buku ini menjadi salah satu penguatan atas keyakinan saya mengenai kerja keras. Hmmm.. Ketika saya baca ini, pas banget juga dengan musim ujian akhir semester, entah mengapa ya, apakah ini beneran pengaruh secara langsung apa tidak, saya jadi lebih semangat belajar. Dan alhasil 13 SKS yang kemarin saya ambil itu semuanya dapat A dan untuk pertama kalinya saya dapat IPS 4.0, hasil yang memuaskan di akhir semester teori perkuliahan saya. *tertegun*

Salah satu cerita yang saya favoritkan adalah berjudul “The Power of Kiasu” yang ditulis oleh Abdullah Mabruri. Ceritanya memang bukan menceritakan perjuangan dirinya, melainkan cerita perjuangan temannya yang menerapkan prinsip hidup ‘Kiasu’ yaitu budaya hidup kerja keras yang dimiliki oleh orang Cina. Teman SMA nya ini bukanlah orang yang spesial pada awalnya, tetapi dia bisa membuktikan bahwa seseorang yang tidak terlahir dari keluarga mapan finansial dan bukan orang yang jenius dari lahir pun bisa mencapai keinginannya melalui berproses dengan pendidikan. Proses ini dilaluinya dengan keringat dan harapan sampai akhirnya ia bisa mewujudkannya, dalam cerita goal nya yaitu sekolah di EEE NTU yang merupakan Top 20 Univ. Teknik se-dunia.

Yap, itu hanyalah satu dari dari banyak cerita lain yang bisa membuat kita terinspirasi dan terharu-biru dalam satu waktu. Sebenarnya sudah lama saya ingin review buku ini di blog sebagai bacaan recommended untuk teman-teman. Maaf ya baru kesampean me-review sekarang. Btw, bukunya tipis hanya 172 halaman dan berukuran tidak besar, so ketika letih-lesu-lemas kehilangan gairah hidup, buku ini cocok karena cepat dan mudah dibaca. Kadang, pas sedang tidak termotivasi lalu melihat buku2 motivasi setebal2 gaban kan jadi jiper juga. Bang Fuadi mungkin bisa membaca hal ini lalu membuat buku yang ‘easy’ ; Easy to read, Easy to bring dan Easy to share.

Oke, sekian review buku edisi perdana. Semoga di waktu dekat, saya bisa review buku selanjutnya. Amin. :D


Citation 

Title : Berjalan Menembus Batas
Writer : Ahmad Fuadi, dkk.
Publisher : Penerbit Bentang
First Publishing : January 2012
Page : XVI + 172
Genre : Inspirational
Puji Wijaya's Rating : ☺☺☺☺ from 5

2 comments:

Anonymous said...

Wuiii.. aku ga tau kalo kamu pernah dapet IP 4 de, tp kalo baca bukunya Juni kemaren, sekarang kan masih bulan September, berarti maksudnya IP pertengahan semester gitu?

Semoga dapet IP 4.0 di UAS nanti.

Bravo!

God bless you, dek.

-cicimu-

Puji Wijaya said...

Nggak Ci.. IP semester 8 (skrg aku semester 9). udah gak ada kuliah skrg.