Wednesday, January 4, 2012

Another Hedon Story


Aloha!
Selamat pagi. Senangnya bisa nge-blog pagi2 hahahahha.. :) bagaimana liburan natal dan tahun baru kemarin? Semoga menyenangkan. Senang sekali pada liburan kali ini, walaupun saya ga pulang kampung, (untungnya) Jogja tetap memberikan keceriaan. Waktu Natalan dihabiskan bersama dengan teman2, big thx to Mz Lu2 & Ninul. Sedangkan di tahun baru ini, saya kedatangan tamu penting, siapa? Ngeekkk.. Adik perempuan saya sendiri, si Ndut, liburan ke Jogja. Alhamdullilah..

Kedatangan adik saya ini membawa antara berkah dan kerepotan tersendiri. Wkwkwkwkw.. Berkahnya, sepertinya sudah bisa ditebak, saya jadi bisa makan enak2 & jalan2 kemana2 ni, secara adik saya bawa beasiswa dari yayasan ayah-bunda. Sedangkan kerepotannya, saya harus re-schedule dan re-think jadwal persiapan KKN saya. Untunglah bisa jalan dua2nya. Hedon2an sama adik saya lancar, urusan KKN juga lancar. Ehhehehe.. Dasar maruk emang.. (pembelaan: kalo dua2nya bisa dikerjain napa ngga? Ehheehe..)

Nah, oke, seperti yang udah disebutin di atas. Acara liburan saya ni penuh dengan acara hedon2an sama adik saya. Hedonnya bukan shopping baju2 branded ato clubbing lha pastinya (buseeddd, saya dugem?? Sujud sembah kepada Tuhan). Hedonnya saya itu seputar keinginan makan yang aneh2. Saya memang suka si nyobain makanan baru, apapun makanannya, yang mahal-murah-elit-etnik-modern-tradisional, semua kayaknya cocok2 ajah di mulut dan perut. Karena saya juga ga ada alergi makan dan pantangan makan, jadi ya selama saya mau, makanan itu bisa2 aja saya makan. Ehehheheehehe.. Nah, adik saya tipe2nya juga mirip, orangnya penasaran sama makanan2 yang bling2, maksudnya adik saya suka makan2an yang aneh2 gitu, cuma sayangnya dy ga bisa makan daging babi & sushi, ada beberapa makanan yang emang dy ga suka.

Berhubung kami tu ya kurang-lebih mirip (ya iya lha Kakak-Adik), jadi pas acara2 makan2an, adik saya orang yang cukup asik buat diajak coba2. Wkwkkwkwkw.. Nah, di bawah ini beberapa tempat makan yang kami coba, semuanya berlokasi di Yogyakarta, semoga bisa menambah wawasan (???) cekidot:

27 December 2011 
X.O Suki Dimsum, Plaza Ambarrukmo lt.4
Tempat makan ini masih agak baru di Jogja, waktu awal2 pembukaan rame gilak sampe ngantri2 gitu buat makan. Tiap saya ke AmPlaz, saya mupeng2 gitu liat orang2 yang makan di tempat ini, tapi liat pengunjungnya looks so wealthy, ga berani juga buat nyobain ahhahahha.. Setelah dengar cerita Mz Lu2 tentang tempat makan ini, katanya ‘kalo ngambil ga banyak2, ga terlalu mahal koq’ saya berani deh ngajak Adik saya maem di sini. Ahhahahaha.. Dannn.. Akhirnya nyobain juga.. Asiknya ni, kita makan sambil cemplung2in sendiri bahan makanannya. Btw, tips en triknya biar murah makan di sini: 
- Jangan beli minumannya, minumannya biasa ajah koq, jadi ga beli juga no prob, bawa minum dari rumah aja.
- Jangan ambil terlalu banyak plate, semakin banyak semakin mahal. Pas saya makan di sana, orang di sebelah meja saya, makan sampe 2 tumpukan plate (1 tumpuk +/- 9 plate), kenyang si, tapi habis itu (kalo anda anak kos) bisa ga makan 2 minggu.
- Pilih plate yang ‘normal’ maksudnya kalo bentuk platenya aneh2, kemungkinan besar itu menu special yang harga 1 plate nya selangit. Adek saya hampir ngambil jamur Matsutake, untungnya saya inget komik Jepang yang suka cerita kalo jamur Matsutake itu mahal gilak, gak jadi deh. Fiuhhh. 
Lezat-o-meter: Bintang 3
Kenapa? Rasa makanannya biasa ajah, yang enak itu kuahnya, saya coba yang kuah kaldu ayam, enak banget. Kuah lain yang bisa dicoba Tom Yam. Yang enak juga sausnya, saya belum pernah cobain sebelumnya rasa saus kayak gini. Trus, variatif makanannya banyak banget kan, kemaren si saya coba shrimp tofu, mie hongkong, sayur caisim, crabstick with mushroom, shrimp drumstick, semuanya enak tapi yaaa kan rasa suki dimana2 kayak gitu jadi kurang spesial. 
Cozyness Rating: Bintang 3
Kenapa? Standar si, modern, tepat duduk yang sofa kurang nyaman karena terlalu pendek. Lebih enak duduk di kursi biasa, pas. Kompornya bagus, jadi ga bau gas, trus mudah dipergunakan, ga panas pula api nya, ga bikin keringetan. Waitress oke beud, kooperatif, kalo kita tanya2 penjelasannya jelas. 
Fly Money: +/- 50rb/orang
asiknya makan suki..

      Haagen Dazs, Plaza Ambarrukmo lt.1
Masih di hari yang sama. Ahahahaa.. Ini kedua kalinya saya makan eskrim super mahal ini. Sebelumnya saya pernah makan ini di Central Park Jkt, waktu itu dibayarin sama sodara saya. D Jogja ya baru pertama kali ini berani beli. Eskrim nya memang lebih lembut dibandingkan eskrim2 biasa. Menurut saya untuk sekedar mencoba ga apa2 si, tapi kalo untuk jadi sesuatu yang ‘disukai’ kayaknya ga juga, selain harganya yang heboh yaitu 30rb-an/scoop rasanya juga biasa2 aja si. Ehehehhe..
Lezat-o-meter: Bintang 2
Kenapa? Mau mahal mau murah, eskrim rasanya sama, beda nya cuma di tekstur. Rasa2 yang ditawarkan terkesan unik, tapi pas dicoba biasa aja.
Cozyness Rating: Bintang 2
Kenapa? Tempatnya kecil, mejanya goyang2 jadi kurang nyaman pas makan eskrim (apes dapet meja yang kurang baik). Pelayanan oke si, tapi agak risi sama ‘keramahan’ Mas2nya. Dikit2 ‘makasih Kakak..’ bentar2 ‘makasih Kakak..’ heuheuehuee..
Fly Money: 50rb à 2 scoop (untuk berdua bisa).
yaaaa.. mirp2 lha sama es tong2.. ;p

28 December 2011 
House of Raminten, dekat SMA Stella Duce 1
Seperti nya setiap orang Jogja pernah ke sini de paling ngga 1 kali. Tempat makan ini rame banget apalagi menjelang malam, kemaren pas momen liburan natal-taun baru, resto ini sampe buka 24 jam. WOW.. Adik saya penasaran sama tempatnya, jadi ya saya ajak aja makan di sini. Tips en triknya supaya makan ga ngantri: datanglah jam setengah 5-setengah 6. Dijamin dapet tempat duduk. Oya, makan di sini juga ga terlalu mahal, dengan 2rb rupiah juga bisa makan lumayan kenyang à nasi liwet. Oke banget kan.. Ahahahha..
Lezat-o-meter: Bintang 3
Kenapa? Biar menu makanannya ga terlalu banyak, tapi selama ini saya nyoba, enak2 semua. Minumannya lucu2 khas Jawa gitu, yang suka makanan tradisional pasti suka de makan di sini.
Cozyness Rating: Bintang 3
Kenapa? Karena tempatnya terbatas, jadi agak dempet2an satu sama lain. Untuk meja yang berdua, itu mejanya kecil banget jadi kalo pesen menu banyak, repot nata alat makannya. Suasananya Jawa banget y, musiknya Jawa, aromanya aroma dupa, enak si, bikin konsen makan ahhahahha.. Mas2-Mba2nya cakep2-cantik2, enak dilihat, pake bajunya tradisional gitu. Unik2.
Fly Money: +/- 25rb/orang
welcome2.. :)

29 December 2011 
Silla Korean Restaurant, Ringroad Utara arah Jalan Kaliurang
Silla ini restoran Korea tapi ada menu Jepang & Chinese nya. Resto nya tipe resto keluarga dan kayaknya doyanan orang asing deh, soalnya saya beberapa kali dengar orang2 ngomong dalam bahasa asing (entah mandarin, jepang, korea, ato arab ga jelas soalnya). Krik.. Krik juga si saya cuma berdua makan di sana sama adik saya ahhahahha.. Saya baru pertama kali ini ke sini, karena dengar2 makan di sini mahal. Memang benar si, sekelas Ikan Bakar Jimbaran (lihat posting ini). Ehehhee.. Harga makanannya yang mahal2 karena porsinya besar, tapi kalo dimsum nya standar (menurut saya murah cuma 10rb) minumnya juga murah2. Variasi makanannya oke beud, sushi nya bikin penasaran, tapi ga beli, adik saya kurang suka.
Lezat-o-meter: Bintang 4,5
Kenapa? Kami coba pesan bulgogi, kimbab silla, dimsum hakau udang & dimsum sio may, nasi putih & minumnya boricha (teh Korea). Bulgogi, daging & sayur nya lumayan banyak, untuk porsi berdua kenyang dah. Kimbabnya juga Korea banget, menarik secara tampilan menarik juga rasanya. Sayang Borichanya kurang jelas, mungkin karena kita pesan yang dingin yah jadi ga enak, saya jadi penasaran kalo anget rasanya kayak gimana. Dimsumnya yang bikin addict, ini dimsum terenak yang pernah saya makan. Oya, kita juga dapet 3 macam kimchi gratis, karena kimchi bukan selera org Indo jadi ya gitu de, ga terlalu suka sayaaa hahahhaa..
Cozyness Rating: Bintang 5
Ada dua ruangan yang ditawarkan, satu di luar (meja makan biasa, pake kursi), satu lagi di dalam ruangan mirip ruang tamu Korea/Jepang. Duduknya kita ga lipet kaki kayak orang2 Jepang koq, tenang aja. Ahahahhaa.. Bagian bawah meja dibuat lebih dalam, jadi kita duduk biasa. Kalo mau private, lebih enak ruangan yang di dalam, kesannya dapet banget, lalu AC nya juga pribadi jadi ga kepanasan. Sayangnya kurang kedap suara ajah kali yaaa (emangnya studio band? Wkkwkwkw..) Waitressnya oke banget & kooperatif, bulgoginya dimasakin sama Mbanya telaten banget masaknya. Kostum Mbanya mirip hanbok tapi versi lebih simpel dengan aksen batik, bagus banget.
Fly Money: +/- 70rb/orang
Korean semalam wanna be!!!!

30 December 2011 
Mai-Mai Ikan Bakar, Seturan
Mai2 salah satu tempat makan fav saya dan teman2. Biasanya kalo kita pengen makan ke luar tapi ga bikin cekik dompet. Larinya ke sini. Suasananya Bali, makanannya juga dimasak khas Bali. Ga terlalu ramai, jadi bisa datang kapan aja, ga pake ngantri2.
Lezat-o-meter: Bintang 4
Saya suka si sama makanan di sini, banyak menu yang udah saya coba, semuanya enak. Kemaren saya dan adik saya pesen udangnya, wah enaaakk.. Banyak pula udangnya. Oya enak lagi, tempe tepungnya, harganya murah, banyak, enak (mahasiswa banget dah).
Cozyness Rating: Bintang 3
Tempatnya biasa aja, ga mewah banget tapi juga ga warungan juga. Mba2 Mas2nya biasa ajah si, ya ramah, ga lebay. Untuk makan2 romantis oke jg ni, secara penerangannya pake lilin2 gitu hahahhahaa..
Fly Money: +/- 25rb/orang (bisa kurang! Ada paketan.)
di belakang si Uti ada mas2 ganteng.. (*ga penting)

31 December 2011 
Shillin, Plaza Ambarrukmo lt.4
Malam terakhir adik saya di Jogja, kami (lagi2) ke AmPlaz hahaha, kali ini sama anak2 kos Dewi, Elen & Lia. Adik saya ngidam Shillin ni, untungnya kesampean. Ehehehhehe..
Lezat-o-meter: Bintang 3,5
Enak untuk makanan2 tertentu. Menu andalannya ayam kriuk2 itu yang banyak bumbu cabe nya, enak tapi kalo kepedesan ampun2 juga ahahhahaa.. XD
Cozyness Rating: Bintang 2,5
Kenapa? Karena tempatnya di foodcourt, jadi ga terlalu berkesan ahhahahha.. :)
Fly Money: +/- 20rb/orang
gahol sekali kita2..

Yap, itu deh rangkuman dari wisata kuliner saya & si Ndut. Hikmah yang bisa diambil dari pengalaman hedon2 makan selama beberapa hari ini, ga semua makanan mahal itu lezat. Bener deh ahhahaha.. Oke2 thanks sudah mau baca posting yang heboh ini, panjaaaanggggg, isinya bikin laper pula. Semoga bisa memberi info buat the readers! Sekarang saya merasa agak bersalah sama Ma2-Pa2 udah hedon2 makan kayak gini.. Wkwkwkkwkww..

regards
puji wijaya, lagi suka wisata kuliner

3 comments:

gheetha said...

wah ... hedoon parah tuu ..
aq wkt tu nyoba x-o suki ma papa'ku .. makan ber2 abis 300an .. saking ga tw klo trnyata hrganya mahal .. jd ngambil si piring ijo berkali2 .. hahaha

klo hagen daz jg ga brani klo ga da bonyok .. bisa puasa sbulan .. hahahaha....

Anonymous said...

Woooo serunyaa..
Si uti pulang-pulang musti diet tu hehehe..

Miss u all, sisters

-cicimu-

raniaarts said...

astaga pujiii..kalo gw baca ini tuh berasa lo ke tempattempat itu dalam sehari sekaligus..hwhw. btw gw lebih suka baskin&Robins soalnya rasanya emang beneran unik, tapi males skarang jadi mahallll.. btw pastello jg enak loh, tapi skarang lagi renov. hahah. solaria amplas yang banyak pengunjungnya itu ga enak. menang porsi tapi rasanya hambar. btw nanya dong....silla ada sushi ga?brapaan?gw ngebet sushi, di jugja cari sushi yg beneran tuh sulit. hahah jadi pengkritik makanan gini..