Friday, August 19, 2011

The Seed Sowers Travel – University Tour

Day 4
9 July 2011
Location : Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS), Orchard Road, Chinatown

Hari keempat ini adalah fullday kami yang terakhir di Sg. Hmmm.. Perasaan saya?? Senang-sedih-asem-manis, gado2 lha pada intinya. Senang karena sebentar lagi kembali ke zona aman nan nyaman (tanah air / tempat tinggal sendiri). Sedih karena waktu liburan telah selesai, kawand!

Sampai hari keempat kesan saya terhadap Sg yaitu, Sg adalah negara yang sangat teratur, sistemnya rapih, lalu dari Sg pula saya menyadari bahwa tangan manusia itu bisa membuat apapun – mulai dari mega-skyscrapers, pulau impian sampai ke pantai. Keren sekali. Sg juga punya beberapa kekurangan, disamping kelebihannya wah-wah-wah. Di Sg orangnya galak-galak (kurang gracious) apalagi supir busnya katanya si suka marah-marah ga jelas, trus ritme kerjanya bikin stressful (jam kerja nya mannnn, panjangggg..), selain itu hidup di sana mahal (menurut orang Indo), gabisa tinggal di rumah (tanah) dan agak konsumtif.

Oya, ngomong2 soal advantages-disadvantages, kurang afdol rasanya kalo bicara mengenai Sg tapi tidak menyinggung academic-life di sana. Keunggulan Singapura selain yang telah saya sebutkan di atas adalah Pendidikan. Yap, di Sg, pendidikan sangat dihargai. Pemerintah memiliki anggaran yang besar untuk pendidikan dan serius mengurus hal-hal akademik. Ga heran, kalo Sg menjadi barometer ilmu pengetahuan di Asia Tenggara dan dunia, terlebih di bidang teknik-perteknikan dan finance-international business. Nah, di hari keempat ini, saya, Dicky dan Nino berkesempatan untuk ‘menengok’ ke dua universitas tertua di Singapura. Yang pastinya tidak asing lagi, Nanyang Technological Unviersity (NTU) dan National University of Singapore (NUS). Ditemani oleh Ko Amed, Ola dan Ci Editha.

Perhentian pertama adalah NTU, guide kami di NTU adalah seorang mahasiswi Indo bernama Ci Editha. Ci Editha adalah teman gereja Ko Amed, dy mengambil program studi Technobiology di NTU, tahun ini tahun terakhirnya, jadi dy lagi sibuk penelitian di lab, hari libur jadi ga libur, nge-lab terussss (rajin deh si Ci2 ini..). Dilihat dari luasnya, NTU gede banget, karena besar, so, kita harus naik bus kalo mau muter-muter kampus, haltenya tersebar di seluruh NTU, jadi mudah ditemui.

benda unyu di NTU, mesin daur ulang cartridge

Pertama kali menginjakkan kaki di NTU, Nino – Dicky – saya diajak masuk ke Chinese Heritage Center nya. Di sini ada dua ekshibisi. Yang pertama adalah “Chinese More or Less – An Exhibition on Overseas Chinese Identity” yang menceritakan tentang kebudayaan dan identitas orang2 Cina di dunia. Kedua adalah “Nantah Pictorial Exhibition” yang bercerita tentang sejarah NTU berdiri (Nantah itu nama lain dari Nanyang University) dan bagaimana Chinese Heritage Center yang NTU miliki ini mendukung perkembangan dan pelestarian dari kebudayaan Cina di Asia Tenggara. Bangunan Chinese Heritage Center ini unik, mirip dengan kelenteng. Dengan dominasi warna merah dan putih. Di sekitarnya ada taman dan air mancur. Likes2!!

Chinese Heritage Center NTU, berasa di Hongkong

Tempat kedua yang kami kunjungi adalah gedung2 dan kelas mahasiswa2 NTU di fakultas teknik. Karena ini hari libur, jadi ga banyak mahasiswa yang berada di kampus, kampusnya jadi sepi. Trus kami juga ke perpusnya fakultas teknik, yang gede & keren bgt, 5 lantai, dengan lantai paling atas disebut Quite Room dimana kita ga boleh ngomong di sana. Whoaaaaaaa.. Lanjut cerita, kami makan siang di sana. Kantin di sini makanannya enak2 ahhahhah.. Trus, habis itu kami ke fakultas seni yang bangunannya terkenal itu, yang gedungnya beratapkan rumput ijo2. Bangunannya persis yang saya lihat di internet, bagussssssss..

School of Fine Arts NTU, bisa main sepakbola di atas gedung

Setelah muter2 NTU, kami pergi ke NUS dengan kaki sudah pegal2 ahahhahaha.. Di NUS ini yang jadi guide adalah Ko Amed, Ko Amed dulu kuliah S2 di sini mengambil master di bidang teknik kimia. NUS lebih tua dari NTU, makanya bangunannya juga lebih jadul dari NTU. NUS juga luas & punya bus khusus juga buat muter2 di dalam kampus. Trus lucunya bangunan2 di sini, nyambung satu sama lain. Jadi kita sebenarnya bisa menuju satu tempat ke tempat lain dengan berjalan kaki di dalam ruangan (tapi ga hemat waktu bo! Ehehehhe..). NUS, terkenal lengkap dengan fasilitas olahraga, pny lapangan bola, kolam renang, gym, dll. Ada satu bangunan yang isinya buat basecamp unit kegiatan mahasiswa yang semuanya olahraga, dari mulai UKM Renang sampe UKM Dragonboat. Trus, kami liat2 ke ruangan kelas, kompleks ruangan dosen, museum di NUS yang isinya tentang barang2 peninggalan & sempat juga menengok wisudaan NUS.

Selamat kepada para wisudawan-wisudawati

Over all, perjalanan hari ini, membuahkan euforia2 untuk sekolah lanjut. Ahahhaha.. Sekolah di Singapura??? Hmmm.. Kalo untuk mengambil jurusan psikologi sepertinya perlu dipertimbangkan.. Ahahaah.. Trus, saya sebagai org Indonesia bangga melihat mahasiswa2 negara kita yang sekolah di sana bisa aktif dan duduk di kursi senat mahasiswa (ada foto2nya di mading2 fakultas).. Waaaaaa.. Jadi termotivasi, ayo raih cita-cita!!!!

Perjalanan hari terakhir ini kami tutup dengan makan di Orchard road & mengunjungi Chinatown untuk beli oleh2.. Hati2 tertipu oleh pedagang di sini.. Karena harganya bersaing, cari yang semurah2 nya de.. Ahahhahaha.. Dannn.. Yappp.. Cape dan puas untuk hari ini.

 Chinatown yang legendaris

No comments: