The Seed Sowers Travel – Hello Singapore!

Day 1
6 July 2011
Location : Nino & Family’s House, Adi Sutjipto International Airport – Yogyakarta ; Indonesia, Changi International Airport - Singapore, Mass Rapid Transportation Station, The Inncrowd Backpackers Hostels, around Bugis Street, around Chinatown & around Clarke Quay

Dicky dan saya menginap di tempat Nino supaya ga kesiangan bangun. Maklum ya, kebluk. Kami besok dapat pesawat jam 7:35 am. Sekurang-kurangnya kami harus sampai di bandara 2 jam sebelum, itu berarti jam 5:35 am. Yang pasti mata masih kicep-kicep jam segitu. Kami sadar si nginep di tempat Nino tidak membuat kami tidur cepat (faktanya kami ngobrol sampe jam 1 pagi hahahhahaha..) tapi.. Berkat adanya Ibu dan Bapa nya Nino, kami bisa bangun jam setengah 5 pagi untuk siap-siap dan makan pagi --> bihun & nugget, superrr sekali ! *enak maksudnya wkwkkkwkwkkwk..

Nino masih kerjain tugas di malam hari, Dicky senyum sumringah ala anak gaul

Selanjutnya, kami meluncur menuju Bandara Internasional (ingat, Internasional!!!!) Adi Sutjipto yang letaknya ga jauh2 banget dari rumah Nino, 10 menit nyampe pake mobil, kalo ngesot ya bisa lhaaa 10 hari tapi nyampenya (sumpeee ga penting). Ehehehhee.. Nah, kami diantar oleh sekompi keluarga Nino, boong dink! Cuma Mama, Papa, Adik & tetangga Nino aja koq.. Lalu, sampailah kami di bandara & cipika-cipiki dengan Nino’s family, berpamitan maksudnya. Melihat Nino diantar dengan keluarganya, saya agak iri dan cemburu, haduuuu kapan ya Ma2 & Pa2 bisa mengantar saya di kayak gini?? Dulu pas ke Korea, saya juga iri sama Mz Bondan yang bisa diantar segenap keluarga, sudah syukur si saya bisa pamitan by phone dengan keluarga. Tapi pengen de, one day, Ma2 – Pa2, Ndut & Jx bisa nganter saya, kan mau pergi jauh neeee ceritanyaaaa.. Ehehhehehe.. (mungkin pas saya dapet beasiswa Fulbright kali yahhh, amen2..)

Di bandara, Nino, Dicky & saya agak cengak-cengok. Saya juga gabisa diandelin, masalahnya ini kan beda sama Bandara Intl. Soekarno-Hatta, jadi ya ga ngerti juga saya. Aahhaha.. Dannnn.. alhamdulillah ya (*gaya Syahrini wanna be), check-in nya lancar2 aja & kami ga mengalami kesulitan oohohhhoho.. (bahagia!). Lalu, gw juga seneng bgt pas tau pajak bandara di sini lebih murah ketimbang di Soe-Hatta, ajib 100.000 (doank)! Beda 50rb, ya lumayan beud lha! Trus, selagi nunggu pintu imigrasi, mulailah ke-alayan saya, potrat-potret sana-sini, sementara Dicky lagi sibuk nulis kartu kedatangan & Nino lagi ngampirin cowonya, yang ternyata datang ke bandara, terjadilah adegan Rangga-Cinta versi 2011. Kekekkekekeke..

Setelah melalui gate imigrasi, gate metal detector dan gate2 lainnya, akhirnya sampailah kami di waiting room penerbangan internasional. Dan di sini gw menyadari satu hal, ternyataaaaa.. Bandara Adi Sutjipto ini cuilikk tenan dan sangat ‘biasa’! Ohhh okay, lahan memang terbatas si, tapi ya dibagusin dikit toh, katanya ‘bandara internasional’ saya jadi binun-binun ini ehehehhe.. Kalo kata Dicky, ibaratnya rumah, bandara itu kan terasnya, Adi Sutjipto terasnya Jogja, nah teras itu kan tempat yang pertama kali tamu itu menginjakan kaki di rumah seseorang, maka first impression nya seharusnya bagus. Tapi bandara Kota Yogyakarta tercinta ini sepertinya perlu banyak pembenahan, supaya predikat ‘internasional’ nya juga kena. Kalo kayak gini terus gimana mau menjual.. Ayo.. Ayoo.. Pariwisata kita sudah ooke llhoo, tinggal perbaikan fasilitas umum. :)

ruang tunggu bandara imut-imut

Shocking soda ternyata belum selesai, setelah kaget dengan bandara Adi Sutjipto yang imut-imut, saya juga kaget kalo naek pesawatnya ga pake ‘belalai’ jadi kita jalan kaki gitu ke pesawatnya. Wowwwwww.. Kerennn lho.. Jadi bisa foto2 sama pesawat Air Asia.. Ehehhehehe..

yoi mamen jalan kaki menuju pesawat

Trus, di dalem pesawat saya dan Nino-Dicky duduknya misah, mereka di bagian depan, saya di bagian belakang, kenapa misah gene yaaaa (*sentil pemesan tiket !) trus saya jadinya duduk sama Oom dan Tante ‘Tajir Gilak!’ di dalem pesawat, trus saya seneng gitu dapet bangku paling pinggir deket jendela. Horeeeeee.. Bisa poto2.. :) selama di pesawat si nothing to do & nothing special, tapi something weird tu pasti ada si. Ehehehe.. Seperti contohnya gerak-gerik pramugari pesawat terbang ekonomis ini, yang ga profe, masa yaaa pas mereka praktekin gerakan ‘penyelamatan’ dengan cekakak-cekikik ga penting.. Woi Mbaaaa.. Saya ngeliatin lhoooo!!!! Saya gmw lho kalo nanti pesawatnya kenapa2 trus saya ga ngerti dimana letak pelampung gara2 ga merhatiin ato.. Mba pramugarinya lupa kasitau karena keasikan ketawa pas kerja. Yaaaaa.. mungkin inilah yang disebut ‘ada uang ada barang’ T.T

1,5 jam berlalu, ga kerasa yaaaa tau2 si pilot udah gembar-gembor kalo pesawat mau landing di Bandara Internasional Changi, Singapura. Waaaaaaaa.. Horeeeeee.. saya pengen cepet2 turun, tenggorokan saya haus banget dah, maklum kagak bisa beli minum di dalem pesawat. Hargaanyaaaa mennnn(cret).. saya cuma bisa ngeliatin si Oom-Tante sebelah saya, makan-minum dengan sesuka hati tanpa mikir2 ‘besok kita mau makan apaaaa..’ saya???!! Mikir ribuan kali sebelom beli ntu mak-min..

jualan apa ngerampok yaaa???

Bandara Changi, bandara yang bagus, sampenya di sini, gatau napa koq saya ga surprise yaaa.. Trus, ngerasanya kayak ke luar kota bukan ke luar negri, Nino-Dicky juga gitu, ga ngerasa kalo kami tu lagi pergi jauh gitu lho!!! Biasa???? Anehhh.. Udah nyampe Singapur koq ya ga hebring.. Mau heboh??? Lo tereak2 aja di bandara, pasti heboh, trus ditangkep petugas keamanan de ujung2nya ahhahahhaha.. Just kidding! Come on, friends ! Kita udah di Singapur lhooo.. Mari kita nikmati liburannyaaaaaaa..

Di Changi, kami ga banyak muter2, cape juga yah mau muter2 kemana, trus ternyata si Ola, temen SMA saya, yang selama 4 hari ke depan juga akan menjadi tour-guide kami oohohoohohohh.. sudah menunggu kami di terminal kedatangan. Oke lha, Olaaaa.. Kami datang!!!!!! Ngomong2 soal si Ola, dy itu adalah temen saya dari SMA yang berani2nya sekolah ke Singapur ehheheheh.. Keren banget lah si Ola, dulu pas masih jaman SMA, saya dan doi sama2 suka pelajaran matematika :p trus kami les mate bareng di Pa Kim, suhu matematika terkenal di Cirebon (we miss u Pa Kim, sayang Pa Kim sekarang sudah di surga ..) selama 1 tahun lamanya. Karena itulah, saya dan Ola bisa dekat. Sudah 3 taun kami ga ketemu & ga nyangka bakalan ketemu, di, Singapura!!! :)

Changi oh Changi, kerennya si Changi

Ketemu dengan Ola, lalu kami langsung capcus ke hostel buat naro barang2 yang walopun ga banyak tapi tetep ajah berat ehhehehhee.. Ola, dengan sabarnya ngajarin kami make kartu MRT (Mass Rapid Transportation) trus jelasin mengenai jalur2nya, trus dy juga minjemin kami kartu MRT lanjutan & handphone Blackberry punya dy (tengkyuuu Ola!) trus, Ola juga yang nganterin kami ke hostel, agak nyasar2 si, tapi toh akhirnya nyampe juga wkwkkwkwkwkw.. Bantuin kami juga pas ngomong pertama kali sama si Mba Receptionist hostel kami yang kece banget kayak personel SNSD. Olaaa… Huhuhuu.. Saya sangat terharu.. Ola!!!! Kamu cocok deh bikin bisnis pariwisata. Joke! :D

Sudah siang, kami makan siang murah meriah di Bugis Street (daging bebek di sini jadi makanan rakyat!) trus habis gitu pulang lagi ke hostel buat mandi de-el-el. Di jalan kami ngeliat papan Harry Potter, trus ngiri2 pengen nonton, tapi baru rilis tanggal 14 July wekekekekkeke.. Gmn mau perpanjang masa tinggal di Sg?? Ohhhhh.. Tidak sepertinya ahhahahhaha.. Lanjut cerita, sorenya kami ber4 ke Clarke Quay ketemuan dengan satu lagi tokoh di cerita ini, yaitu Ko Amed!

Ko Amed itu adalah boyfriend dari Kakak saya. Yaaaa.. Karena bentar lagi juga mau menikah, jadilah saya juga sudah menganggap dy seperti Kakak sendiri. Akhirnyaaaa.. Kesampean juga saya punya kakak laki-laki (Chinese nya: Koko). Si Ko Amed ini udah 3 taun juga tinggal di Singapur, dulu si sekolah tapi habis gitu kerja di sini, kerja di Singapur lebih menjanjikan daripada di Indo, katanya. Nah, saya janjian sama Ko Amed di Clarke Quay, sebelum itu, Ola-Dicky-Nino-saya ke Chinatown dulu liat2 souvenir yang unyu2 dan murah ternyataaaa.. Harganya juga bersaing sama souvenir di Bugis Street, trus kami jalan kaki ke Clarke Quay nyaaa yang fiuhhh jauh lhoooo!!! Wkkwkwkwkwkw.. Gempor juga dah ni kaki..

Clarke Quay yang ta’ kirain cuma tempat makan kayak apaaa.. Ternyata, tempat yang oke bgt lhooo buat kaum ekspatriat --> karena banyak tempat minumnya, trus buat penggemar permainan adrenaline --> karena ada games seru namanya G-Max reverse bungee, trus juga tempat asik buat shopping --> punya mall yang guedeeee & tempat bagus buat poto2 buat turis seperti kami tentunya ahhahahaha.. Trus, cafe2 & bar2 di sini itu berkarakter, masing2 punya ciri khasnya masing2, ada yang bertema Bollywood, eropa, amerika, timur tengah sampe tema rumah sakit juga ada.. Amazing dehhhh.. Trus, pemandangannya juga bagus, Singapore River dan bangunannya yang jadul tapi terkesan ceria banget karena dicat warna-warni.. Pas malam hari, scenery sekitar jembatan di sana bagus dan romantissssss >.< ..

kiri depan : Ola - kanan duduk : Nino, berdiri : Dicky

Ko Amed, ngajak kami jalan2 muter2in Clarke Quay trus jadi fotografer dadakan karena di sini kami jadi banci kamera semua. Trus acara sore ini ditutup dengan makan di Mr.Curry (yang ternyata di Jakarta juga ada!!!) ditraktir sama Ko Amed, lumayan juga tu makan di Mr. Curry harganya 3kali lipat makan sederhana. Likes this dehhh.. Trims yah Ko Amed !!!!!

Berdasarkan pengamatan saya selama belum 1 hari di Sg, saya mengira Singapura memang pandai yah membuat orang-orang yang tinggal di negaranya itu betah dan juga menarik perhatian orang-orang yang berasal dari negara lain. Pemerintah Sg paham kalo di negaranya banyak orang-orang bule tinggal dan bekerja di sini, lalu pemerintah membuat lokasi ini deh untuk mencukupi kebutuhan budaya ekspatriat2nya --> budaya minum wine, kongkow2, shopping2.. Ide yang cemerlang mengingat kehidupan di Singapura juga kayaknya agak stressful yahhhh, kalo ga ada hiburan yang memadai, orang-orangnya juga kasian donk..

Ko Amed, Nino, Ola, Dicky --> sudah mulai akrab :D

Pulangnya, Dicky-Nino-saya dijampe2 sama Ko Amed & Ola supaya ga nyasar pulangnya karena kami ga dianter. Sekarang kami udah bisa pake MRT sendiri. Horeeeee!!!! :) ya memang tidak terlalu sulit pake MRT kalo udah paham sistemnya. Wow. Andai Indo punya MRT.. (imagine..) lalu kami sampai di hostel, mandi2 dan segera tidur. Besok kami melanjutkan perjalanan.. Wohhhhoooooo.. Pegelnya badan ini, udah lama ga dipake jalan kaki kemana-mana.. Banyak lagi tempat yang akan kita liat esok hari !!!

photos copyright : pujiwijaya, vallenciadiaz, dickysugianto July 2011

Comments