Thursday, August 26, 2010

Krisma Kinyis-Kinyis

Hello world!
Huahahhahha.. Selesai menyelesaikan Korea Episode. gw agak kelupaan untuk memposting sesuatu yang baru.. eehehhe.. Padahal beberapa hari ini, banyak kejadian penting dalam hidup gw (cailaaahhhhh..), dan yang berkesan (tapi biasa ajah juga..) yaitu (akhirnya) gw menerima Sakramen Krisma*.

*sakramen krisma atau bisa juga disebut sakramen penguatan yaitu satu dari tujuh sakramen yang ada di agama Katolik. Menurut buku pegangan Katekese Bagi Calon Krisma, sakramen krisma diberikan dengan tujuan agar kita secara terus-menerus menyadari dan menerima kehadiran Roh Kudus yang membimbing dan menyucikan perjalanan hidup kita. (wo-o-o-o-o-o.. bahasanya….)

Intinya, Sakramen Krisma itu penting bagi umat Katolik dan denger2 juga kalo kita belum menerima sakramen krisma ini kita belum bisa menikah lhoooo.. Huahahahhahahaaa.. Tp tenang ajah, motivasi saya untuk mengikuti proses katekese dari setengah taun yang lalu bukan cuma untuk mendapat perijinan Gereja untuk menikah koq.. hehehhehe.. :p

Yap. Stelah gw belajar agama selama setengah taun, akhirnya tiba saatnya gw untuk dikrisma.. Horeeeeee.. Saya senang.. akhirnya gw akan menjadi dewasa wkwkwkkw.. Hari Sabtu tanggal 21 Agustus 2010, hari itu tiba dengan segala peristiwa nyata yang… ehemmmm..

Dimulai dari terlarutnya gw dengan rapat penelitian, walhasil jam 3:20 pm gw baru bisa pulang ke kos.. Padahal jam 4:00 pm gw harus udah sampe di gereja. Perjalanan dari kos ke gereja perlu waktu 15-20 menit. Jadilah gw..
MANDI BEBEK..
Kilat banget.. trus pake acara gw lupa menyetrika kemeja putih gw pula.. Sore itu agaknya kurang lancar.. Stelah buru2, jam 4 kurang 10 gw bisa berangkat ke gereja dengan si Monty (motor gw) yang ternyata lebih oke dari pemiliknya..
Huhuhuu..
Nyampe2 di gereja Pringwulung, gw jalan membabi buta karena udah telat, jam 4:15 pm. Umat juga udah pada rame pula.. Karena waktu itu parkirnya di lapangan sebelah gereja yang banyak rumputnya.. gw yang udah cantik2 pake rok begini, harus loncat2 melewati rumput.. “Walah2 sepatu gw ancur de..” kata gw dalam hati kinyis2..
Trus, nyampe di depan pintu gereja, ada teks liturgy yang harus gw beli harganya 1.000 rupiah.. gw berasa punya duit kecil ngorek2 tas gw.. Ternyata… gw ga punya! Untung si Mbak2 yang jagain teks liturgi baik hati dan tidak sombong, gw dikasih teks liturgi GRATIS!!! Wkwkkwkwkw.. kacrutttt abis..

Di dalem gereja, di barisan depan, gw ngeliat tmn2 gw di posisi tempat duduk2nya masing2 sesuai dengan formasi yang kami buat ketika gladi bersih. Wawawawa.. Telat.. telat.. dalem hati gw, trus gw liat tmn gw udah pake name tag.. gw nyari si Bapa yang bawa2 name tag & surat krisma yang nanti kami berikan ke Romo. Ketemu! Akhirnya gw lega, gw udah mendapat name tag & surat tersebut.. hehehhehe.. pas gw duduk.. mau masang name tag.. ada sesuatu yang salah..
Heh??
Apa sih..
G*blek, mencr*t, aaaaaaaaaaaaaaaaaa..
Nama gw salah!!!!!!!

EDITH A. PUJI SETIAWAN WIJAYA

Whatttt???? SETIAWAN??? Sejak kapan nama tengah gw jadi SETIAWAN???
Waaaaaaahhhh.. WATI woyyy!!! Bukan WAN!!!

Jadilah nama gw sekarang, berubah jadi nama engkoh2 pemain bulutangkis yang punya bakat silat..

T.T

Dan begitulah pula yang gw dapati di surat krisma, Setiawan.. Setiawan..

Selesai dengan sakit hati kesalahan pengetikan nama di dua benda urgent bagi penerima krisma, gw mengikuti misa krisma dengan biasa dan normal. Sampai waktu untuk maju ke depan & berlutut di depan Romo Administrator Keuskupan Agung Semarang.. Jeerngjengjeng.. Dagdigdugdueerrrr..
Dan gw teruji untuk kedua kalinya..
Pas Romo itu bilang:
“… atas nama Bapa, Putra dan Roh Kudus..”
Gw dengan pintarnya menjawab:
“..amin..”
Lalu karena gw ialah peserta krisma yang baik hati, gw menunggu Romo mengatakan ‘Tuhan besertamu..’ sesuai dengan yang gw pelajari ketika gladi bersih.. Tapi Romo ga ngomong2.. sampe tangan dia mempersilahkan gw untuk berdiri dan duduk ke tempat semula.. Dan sekali lagi.. Karena gw PESERTA KRISMA yang BAIK HATI!!! Alhasil gw mengatakan:
“Dan Besertamu juga..”
Padahal si Romo ga ngomong apa2..
Wkwkkwkwkwkw.. Mungkin Romo berpikir betapa ajaibnya anak Yogyakarta, dapat bisikan roh kudus apa ya..

Singkat kisah, saya sudah resmi dikrisma.. Saya senang sekali.. Terharu rasanya.. Huhuhuuhuhuhu.. Lalu, biasa lha ya setelah acara krisma, ada acara2 makan2 & bincang2 bersama Romo Administrator.. Oya si Romo ini ialah pengganti Uskup Semarang, Keuskupan Agung Semarang belum melantik uskup baru. Dan kekacrutan ketiga muncul..

Sudah jadi hal yang lumrah ketika kita punya moment berharga kita foto untuk kenang2an.. Begitupun dengan gw yang dimana kapanpun minumnya teh botol sosro.. eeee.. maksudnya dimanapun kapanpun gw poto2.. Lalu, saat gw motoin temen2, saat banyak orang salam2an & ngobrol2, heboh2 wara-wiri ke sana kemari..
Tiba2..
‘drrttttttt.. drtttttttttt..’
(hayo tebak ini bunyi apaan..)
‘drrttttttt.. drtttttttttt..’

GEMPA WOY!!!!!!
Aseeeeemmmmmm.. apaan ni.. Ibu2 ada yang jerat-jerit juga saking hebohnya.. Orang2 pada keluar dari aula gereja.. Lalu, salah seorang bapa2 tiba2 mengambil mic & ngomong:
“tenang.. tenang.. ya tadi ada gempa bumi, tapi jangan takut karena ini mungkin tanda datangya roh kudus karena perayaan krisma..”
Dalam hati gw, pgn ketawa2 juga denger ni Bapa ngomong apa sih.. Ehehehhe..
Usut punya usut ternyata Bantul gempa lagi.. 5 koma skala richter.. haduh2.. Hari itu penuh kejutan..

Ya begitulah teman2 sepenggal kisah my chrismation day. Hahaha.. Lagi2 hari ajaib.. Jujur kata, ketika gw mau menerima krisma, gw tidak begitu terkesan dengan proses ini. Ya perasaan gw biasa ajah. Tp ternyata Tuhan ingin gw mengingat hari ini kali ya, sehingga men-set sedemikian rupa menjadi Hari Pemberkatan Krisma yang Kinyis2.. Ehehhehe.. Ok de. Mpe nanti di next post.. Daggghhhhh!!!

regards
puji wijaya, krismawati bukan krismawan

1 comment:

raniaarts said...

kinyiskinyis tuh apaan sih pu? btw..bapak"nya kocak juga..hahah