Sunday, May 9, 2010

Berdagang bukan Begadang


Hari Minggu (8 Mei 2010)
Dimana orang2 lain tidur sampe siang..
Dimana cewe2 mall shopping sampe kaki cape mau copot
Dimana semua orang pergi ke Gereja buat beribadah
Dimana pasangan muda-mudi dating..
gw..
hari ini..
BERJUALAN!!!

Sumpeh de ya sebenernya berjualan itu hal yang paling gw benci.
Memang, buah itu tidak jatuh jauh dari pohonnya, atau cabe itu tidak mungkin jatuh di bawah pohon mangga (kecuali, pohon cabe nya ada di sebelah pohon mangga, oke2 cukup, jayus hahahhaha) bo-nyok gw itu wiraswasta, mereka punya toko kelontong, tiap hari bo-nyok gw ya jaga toko, gw juga dari kecil (dipaksa) jaga toko wkkwkwkwkkwkw.. gw paling bosen de.. Kalo setiap hari gw terus2an jaga toko, menurut gw, itu freak banget (gw orangnya cepet bgd bosen..) Tapi ternyata selama sebulan ini gw merasakan esensi berjualan.. Hahahha.. Ya2 ternyata gw itu memang Cina tulen, ga jauh2 dari hal berdagang dan marketing. Termasuk hari Minggu ini..

Bersama-sama dengan teman2 penelitian.. Kami punya sebuah proyek bersama yang “agak-susah-jika-dijelaskan” jadi, sudah sebulan ini kami mencari uang sendiri. Mule dari jualan gorengan & susu kedelai di kampus, trus jualan kaos, jualan bunga di wisuda, dan jualan bunga di perempatan jalan. Dari semua bisnis kami tersebut yang paling berprospek bagus itu adalah berjualan bunga di perempatan jalan.
Iya.. Betul.. Di perempatan jalan.. Ide ini terinspirasi oleh adeknya Corry, namanya Kevin, yang kuliah di Fakultas Hukum UGM, dia suka banget iseng sm tmn2nya jualan bunga, 100 tangkai habis dalam waktu 2jam. Untungnya??? Jgn tanya, gede bgd, bisa buat makan kenyang di Pizza Hut (uppsss merek.. Wkwkkwkwkwk..) Hebat bukan??? Makanya, kami mengadaptasi usaha si Kevin tsb.

Usaha jualan bunga ini udah 3x kami lakukan. Dan yang ketiga itu dilakukan tadi pagi. Personelnya cm gw & Corry (tadinya Budi mau ikut tp dy ada asistensi di kampus.. Yaaaaahhhh), agak krik2 jg c jualan cm berdua. Dan ini adalah kali pertama gw jualan DI JALANAN!!! Sebelumnya gw jualan bunga di wisuda Universitas Sanata Dharma.
gw agak horror jg jualan di jalan, sepengalaman gw yang kemaren pas di wisudaan.. gw harus pasang muka tembok. Dicuekin, dijutekin, dikerjain sama pembeli (cuma pura2 nanya doank padahal ga beli, iiiihhh..), panas, cape, bete, aus, suara serak dan yang pasti, malu. Awalnya gw mikir, kayaknya jualan di jalan tantangannya lebih besar de ya.. Udah diburu2 sm lampu merah, takut ketabrak mobil ato motor, takut tiba2 dipalak sama preman, weleh2 dan seribu-macam ketakutan lainnya. Tapi, tahukah teman.. Jualan di perempatan jalan itu ternyata menyenangkan, banyak hal yang bisa didapatkan.. Included : lesson of life

gw & Corry sampai ke perempatan Gramedia, jam setengah 8 pagi. Sebelumnya qta ke Gereja Banteng (ga laku trus pindah) lalu ke Sunday Morning UGM (Cuma kejual 1 biji, itu jg org yg beli nya kyk cm mau nuker uang doank..) lalu, baru ke perempatan Gramedia de.. Jujur c gw deg2an.. Hahahha.. Lalu sampenya di sana, gw & Corry mencar.. gw di samping Gramedia persis, lalu di tempat gw ada seorang anak yang berjualan Koran, namanya Jani, masih kelas 5 SD, jualan koran demi sekolah. Cerita punya cerita setiap lampu ijo nyala, gw ngobrol sm dy, ternyata dy baru bisa pulang kalo koran yang dijualnya habis, apes2nya kalo masih sisa yaudah de nombok. Dan 1 koran itu untungnya kurang lebih hanya 900 rupiah. Biasanya kalo bukan hari libur dia itu jualan pas pulang sekolah. Wah.. wah.. gw jadi malu sendiri.. Kadang gw ngeluh kalo kuliah itu cape, tapi kalo dibandingin si Jani.. dy pasti lebih cape..

40 batang bunga habis dengan kurun waktu 1,5 jam. Trus, gw sama Corry sepakat buat bantuin jualan koran si Jani. Si Jani seneng bgd.. trus dy ngebagi koran2nya dy.. gw dapet koran Kompas, koran Kedaulatan Rakyat & koran Bola.. Koran2 yang suka dibeli sama bokap gw sendiri hahahhahahaha.. Trus, jadilah gw, yang tadinya puji si penjual bunga idola supir bus kuning menjadi..
Puji, Si Penjual Koran Muka Cengengesan..
Wkwkwkkwkwkkwkwkwwkk..


gw dengan gigih semangat 45, jualan koran, gw mikir “ini untuk pendidikan anak Indonesia” (boong dinkk, ni c lebay gw aja.. wkwkkwkwkw). Sesuai sebutan gw di atas gw nawarin koran ke orang2 dengan cengar-cengir senyum pepsodent, sambil sesekali maksa tereak2 kayak tukang koran professional. Mereka yang gw tawarin koran di dalem mobil tu senyam-senyum aja liat gw, seorang mahasiswa aneh yang mau2nya jualan di jalan, siang2 pula.. Trus lucunya, waktu gw lagi enak2an jualan koran tiba2 ada seorang Bapa bilang:
“Mba, boong2an ya???”
Boong2an gimana, gw bingung..
“Iya, ini boong2an, acara TV gitu ya..”
Gyhahahhahahahhahhaha..
Geblek bgd..
wkwkwkkwkwkkwkwkwkw..
gw dikirain ikutan acara reality show di TV hah.. dasarrrrr..
trus, seru nya lg gw harus cepet2an sm lampu merah, nah ceritanya ada mobil yang mau beli koran KR trus kan udah lampu ijo, si Bapa nya ngasih uang 5rb pdhl KR itu harganya 3rb, nah pas gw mau ambil uang kembalian, si mobil Bapa nya itu udah diklakson (nglaksonnya lebay banget bikin panik) sm mobil di belakangnya, Bapanya buru2 ngejalanin mobil, lalu, jadilah gw bak pemain basket ngelempar uang kembaliannya dari jauh.. Untung masup ke mobil Bapa nya.. Sueerrrr.. Kacau bgd gw!!!!

Akhirnya jam setengah 11 gw udahan bantuin si Jani.. Karena udah panas jg & gw masih harus pergi ke tempat lain jam setengah 2.. gw bisa bantuin si Jani ngejual 5 buah koran & Corry juga sekitar segituan.. Lagi2 gw ngerasain bgd yang namanya cari uang itu susahnya setengah mamprett..
Corry & gw pamitan sm si Jani, trus bilang ke si Jani kalo dy harus tetap semangat.. Untuk sekolah.. Trus, qta kasih dy bunga mawar pink yg tadi qta jualin ke Jani sbg kenang2an & ucapan terima kasih..

Waaaaahhhhhh.. gw pulang dengan senyum terkembang.. dan gw ngerasa.. Memang ada baiknya qta melakukan hal2 kyk gini.. Untuk menyehatkan mental qta sendiri.. gw jd makin bersyukur, buat semua yang udah gw punya skrg..

Grateful..grateful..

Corry, laba jualan bunga kita berapa ya???
Hahahahahhahaha..

4 comments:

Yusnita Febri said...

Pujiii... elo kereenn bangeet
walau emang lebay aah hahahaha

Bo-nyok pasti bangga, karena gak percuma nyuruh2 ikutan jaga Toko xiixi

Vallencia Widiasmoro said...

So sweet!
keren kak Puj!
:))

Ide Usaha dan Bisnis said...

Memang inti usaha ya jualan kali ye....

poedjie widjaja said...

^^