Friday, January 30, 2009

Bantul Jauh Tenan!


Penelitian kerjasama dosen gw (Pa Siswo.red) dengan orang2 dari Psychology Beyond Borders akhirnya jelas juga kerjaannya. Udah seminggu ini kita kerja. Tanggal 12-13 Januari 2009 gw ikutan pelatihan tentang gimana cara untuk meng-interview orang. Ternyata interview yang gw kira cuma nanya2 doank ternyata ada rules-nya. Aturannya banyak & ribet deh, ga bisa asal nanya pokonya. Tanggal 14-16 Januari 2009, praktek lapangan.

Let’s go to Bantul! Hhohoh…

gw ikut hari kedua & ketiga. Gw naek motor dibonceng sama Manto anak 2006. Kocak orangnya. Jarak antara Bantul-Jogja itu 30 KM, pake kendaraan bermotor kita butuh waktu 30-45 menit, kalo pake beca, lo itung ajah ndiri! Yah… Kalo kita ke sono pake mobil, ga bakal kerasa pastinya. Tapi kalo lo pake motor, oh my god dragon! (astaganaga) cape nyah… Nyampe di Bantul, kaki lo pegel2, pantat lo tambah tepos, cape deh pada intinya.

Di Bantul kita harus wawancara 8 keluarga. Nah itu dikasih waktu 3 hari. Nge-interview orang ternyata emang ga semudah yang kita tau. Walopun udah di-training, tetep aja kenyataan di lapangan: Bingo! Bleng! Bo! Udah gitu yang gw interview orangnya aneh2 lagi… gw ngerti semua manusia itu diciptakan berbeda2!

8 keluarga: 4 keluarga dari keluarga bermasalah dan 4 nya lagi dari keluarga yang baik2 saja. Nah di keluarga yang baik2 saja itu gw menemukan fakta bahwa “anak terlalu pintar itu sedikit menyebalkan” ni percakapan gw dengan anak2 terlalu pinter tersebut:

Subjek 1

gw: ade kalo siang-siang gini biasanya ngapain?

Ade: Biasanya les. Kalo ga les ya tidur.

gw: Owh gitu, betewe, hobinya apa sih?”

Ade: baca buku pengetahuan sama baca RPUL

(Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap, singkatannya ga salah kan!)

gw: Trus, kemaren bagi rapot gimana rapotnya?

Ade: Lumayan…

gw: Dapet rengking berapa?

Ade: Rengking satu…

gw: … …

Subjek 2

gw: Ade, kata Ibu kalo siang gini kegiatannya jadi les yah?

Ade: Iyah, Mba!

gw: Ehmmm… Mo Ebtanas kan? Persiapannya gmn?

Ade: Cuma les sama ikutan try out…

gw: Udah siap nih?

Ade: Heheheheh…

(ketawa cengengesan)

gw: Kmaren rapotnya gmn?

Ade: Biasa aja sih…

gw: Biasa aja??!! Emang dapet ranking berapa?

Ade: Ranking 2!

gw: … …

Oh my goat!

Bisa gitu yah???!!!

No comments: